Destinasi Historik

10 Tempat Bersejarah di Indonesia untuk Belajar Peradaban Nusantara

Rekreasi dan belajar sejarah dapat dilakukan dengan mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Indonesia. Salah satu pesona Indonesia adalah nilai sejarah yang diwariskan oleh para leluhur dan jejak-jejak penjajahan bangsa asing di bumi Nusantara.

Jika Anda ingin belajar sejarah Indonesia, Anda bisa mempelajarinya lewat peninggalan sejarahnya yang ada di berbagai kota di Indonesia. Berikut ini 10 tempat bersejarah di Indonesia versi Scout.ID yang bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata dan belajar sejarah peradaban Nusantara.

1.  Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung tempat bersejarah di Indonesia

Gedung Sate ikon dan sejarah Indonesia di Bandung.

Gedung yang menjadi ikon Kota Bandung ini bisa Anda masukkan dalam daftar tempat bersejarah di Indonesia yang ‘wajib’ dikunjungi. Gedung ini adalah gedung peninggalan penjajah BelAnda yang dibangun dengan gaya bangunan renaissance, Italia.

2.  Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta tempat bersejarah di Indonesia

Taman Sari simbol kewibawaan Sultan-sultan Yogyakarta

Taman Sari merupakan tempat bersejarah di Indonesia ada di kota Yogyakarta. Dipilih oleh Sultan Yogyakarta, Taman Sari merupakan kompleks pemandian ‘bidadari-bidadari’, istri Sultan Yogyakarta yang juga menajdi tempat menenangkan diri bersama keluarga raja.

3.  Tongkonan Toraja

Tongkonan Toraja tempat bersejarah di Indonesia

Tongkonan Toraja, rumah adat bernilai sejarah dan budaya.

Yang berkunjung ke Sulawesi Selatan, pastikan berkunjung ke tempat yang masuk dalam deretan tempat bersejarah di Indonesia yaitu Tongkonan Toraja. Tongkonan Toraja merupakan bangunan rumah adat di Sulawesi yang didesain dengan unik dan cantik.

4.  Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang tempat bersejarah di Indonesia

Masjid Agung Palembang sisa kejayaan Sultan Mahmud Badaruddin II.

Jangan lewatkan untuk datang ke Masjid Agung Palembang dalam lawatan Anda ke tempat-tempat bersejarah di Indonesia. Karena di masjid ini Anda bisa menyaksikan bangunan masjid yang didesain dengan dua gaya yaitu eropa dan china, perpaduan dua peradaban.

5.  Hotel Majapahit Surabaya

Hotel Majapahit Surabaya tempat bersejarah di Indonesia

Teatrikal urabaya Merah Putih (perobekan bendera Belanda) oleh Roodeburg. Foto: Antara

Hotel Majapahit menjadi lokasi Insiden Hotel Yamato. Peristiwa perobekan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) menjadi bendera Indonesia (Merah-Putih) di Hotel Yamato Surabaya (sekarang Hotel Majapahit Surabaya) pada tanggal 10 November 1945 yang didahului oleh gagalnya perundingan antara Sudirman (residen Surabaya) dan Mr. W.V.Ch Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda.

6.  Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu tempat bersejarah di Indonesia

Lawangsewu salah satu cagar budaya di Kota Semarang

Lawang sewu adalah peninggalan belanda di Kota Semarang. Bangunan ini dulunya perusahaan kereta api milik penjajah BelAnda. Bangunan ini termasuk bangunan bersejarah karena menjadi saksi bisu perang kemerdekaan yang terjadi di Semarang.

7. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal tempat bersejarah di Indonesia

Masjid Istiqlal simbol kemerdekaan Indonesia.

Masjid istiqlal Jakarta adalah salah satu tempat bersejarah di Indonesia yang ada di Ibu Kota. Masjid Istiqlal dibangun saat Indonesia benar-benar merdeka. Masjid Istiqlal di Indonesia juga menjadi masjid terbesar di Asia tenggara sehingga banyak orang yang senang berkunjung ke istiqlal untuk menikmati keindahan bangunannya.

8. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta tempat bersejarah di Indonesia

Gereja Katedral terelak bersebelahan dengan Masjid Istiqlal.

Jika Anda mengunjungi kota metropolitan, tak ada salahnya berkunjung ke gereja katedral yang dibangun dengan gaya bangunan neo gothic. Terletak bersebelahan dengan Masjid Istiqlal, gereja ini termasuk tempat bersejarah di Indonesia karena sudah ada sejak seabad yang lalu.

9. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan tempat bersejarah di Indonesia.

Masjid Raya Medan salah satu jejak kejayaan Islam Nusantara.

Masjid Raya Medan oleh Sultan Maimun. Masjid ini termasuk masjid yang bersejarah di Kota Medan karena masjid yang indah ini merupakan salah satu saksi bisu kejayaan Kerajaan Deli pada waktu itu.

10. Istana Maimun

Istana Maimun tempat bersejarah di Indonesia.

Istana Maimun perekat kedaulatan Indonesia.

Istana Maimun berada di Kota Medan, Sumatra utara, tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Deli. Istana ini menjadi simbol kebebasan, suatu kerajaan yang tak terjajah saat Indonesia terjajah. Disini Anda tak hanya akan disuguhkan bangunan yang megah, tetapi Anda juga bisa belajar sejarah kerajaan deli di masa lampau.

Tempat bersejarah di Indonesia bisa dipilih sebagai tujuan wisata Anda. Istana Maimun dan Masjid Raya Medan, Geraja Katedral, Masjid Istiqlal, Lawang Sewu, Gereja Blendug, Masjid Agung Palembang, Tongkonan Toraja, Taman Sari Jogja, dan Gedung Sate.

Setelah Anda mengetahui 10 tempat bersejarah di Indonesia, kini Anda tak hanya sekedar berwisata untuk mendapatkan kesenangan, tetapi Anda juga bisa belajar sejarah dari tempat yang akan Anda kunjungi.

Paling Sering Dibaca

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top