Wisata Alam

10 Wisata Gunung Paling Indah di Indonesia yang Wajib Kamu Daki

Gunung-gunung paling indah di Indonesia menyimpan puncak-puncak surga Nusantara. Keindahan panorama puncak-puncak gunung lain di sekitarnya, hamparan pulau, danau, dan aneka hewan membuat gunung-gunung itu menantang pendaki untuk bereksplorasi agar mencapai puncak-puncak itu.

Inilah 10 gunung terindah di Indnesia yang harus kamu capai sebagai Pramuka Indonesia.

1. Gunung Agung, “Istananya para dewa”

Gunung Agung wisata gunung terindah di Indonesia

Para pendaki di puncak Gunung Agung, by: Wira Nurmansyah

Gunung Agung obyek wisata di Bali yang cukup terkenal. Gunung Agung berketinggian 3.014 mdpl dan dipercaya sebagai tempat tinggalnya para roh leluhur masyarakat Hindu Bali. Gunung Agung merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Bali, dimana letusan terakhirnya terjadi sekitar tahun 1963.

2. Gunung Rinjani, “Surga tersembunyi”

Gunung Rinjani wisata gunung terindah di Indonesia.

Keindahan Gunung Rinjani di Lombok, by: Oyamoto

Gunung Rinjani adalah ‘surga’ alam Indonesia. Gunung Rinjani ketinggian 3.726 mdpl memang merupakan salah satu pilihan bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun asing. Cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

3. Gunung Slamet, “Pendakian sejuta mitos”

Gunung Slamet wisata gunung terindah di Indonesia.

Pesona Gunung Slamet, by: Mountainerz

Gunung Slamet tujuan pendakian terpopuler di Indonesia. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, Gunung Slamet berada ketinggian 3.428 mdpl dan memiliki 4 kawah di puncaknya. Di kaki gunungnya terdapat obyek wisata Baturaden yang sangat terkenal dengan sumber air panasnya.

>  10 Destinasi Wisata Bawah Laut di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Gunung Lawu, “Sensasi 3 puncak”

Gunung Lawu wisata gunung terindah di Indonesia.

Deretan 3 puncak Gunung Lawu. by: Commons Wiki

Kawasan wisata Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sekaligus di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Gunung Lau memiliki tiga puncak dengan ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut, yaitu Puncak Hargo Dumilah, Hargo Dumiling dan Hargo Dalem.

5. Gunung Kelimutu, “Gunung api terindah di dunia”

Gunung Kelimutu wisata gunung terindah di Indonesia.

Danau di Puncak Kelimutu, Commons Wiki

Gunung Kelimutu terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pesona alam yang paling dikenal di Gunung Kelimutu adalah danaw tiga warna-nya. Danau itu berada di puncak Kelimutu pada ketinggian 1.631 mdpl.Gunung Merapi

6. Gunung Kerinci, “Keindahan alam atap Sumatra”

Gunung Kerinci wisata gunung terindah di Indonesia.

Keindahan Gunung Kerinci, by: AlamLiar

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl. Di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah.

>  10 Destinasi Wisata Air Terjun Terindah di Indonesia yang Terkenal

7. Gunung Papandayan, “Hamparan padang edelweiss”

Gunung Papandayan wisata gunung terindah di Indonesia.

Hiking ke Gunung Papandayan, by: Commons Wiki

Wisata Gunung Papandayan Garut merupakan salah satu wisata alam favorit di Garut. Kompleks wisata papandayan menawarkan keindahan alami berupa area kawah bekas letusan gunung api yang luas, area hutan mati bekas letusan, dan juga padang edelweiss tegal alun yang luas sekali. Ketinggian gunung papandayan kurang lebih 2665 Meter dpl, dan termasuk kategori mudah untuk pendakian atau sekedar hiking.

8 Gunung Semeru, “Puncak tertinggi di Pulau Jawa”

Gunung Semeru wisata

Wisata GunungSemeru, by Foto Wisata

Gunung Semeru masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan luas 50.273 hektar, taman nasional ini juga menjadi lokasi berdirinya gunung-gunung lainnya seperti Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Widodaren. Namun di antara semua gunung ini, Gunung Semeru lah yang paling menjulang dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

9. Gunung Ijen, “Puncak api biru – blue fire”

Gunung Ijen pesona wisata gunung terindah di Indonesia

Blue fire api biru di Kawah Ijen

Kawah Ijen sebuah kawah dari gunung ter-asam di dunia. Memiliki dinding kaldera setinggi 300-500 meter sedangkan luasnya mencapai 5.466 hektar. Untuk ukuran kawahnya sendiri kurang lebih 20 km. Kawah tersebut memiliki kedalaman sekitar 300 meter di bawah dinding kaldera. Tak pernah terbayangkan jika Indonesia yang sangat kita cintai ternyata memiliki pesona alam yang dapat kita banggakan di mata dunia.

>  10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Sering Dikunjungi Turis

10. Gunung Merbabu, “Eksotisme 7 puncak”

Gunung Merbabu wisata gunung terindah di Indonesia

Selfie di Gunung Merbabu, by Mulpixcom

Gunung Merbabu gunung berapi dengan jenis stratovolcano kerucut. Gunung ini telah dinyatakan tidak aktif dan berdasarkan catatan sejarah, Merbabu terakhir meletus pada tahun 1968. Ada tujuh puncak di Merbabu; Watu Gubug (2685 mdpl), Watu Tulis (2835 mdpl), Geger Sapi (2926 mdpl), Syarif (3119 mdpl), Ondo Rante (3048 mdpl), Kentheng Songo (3142 mdpl), dan Merbabau atau Triangulasi (3145 mdpl).

Gunung terindah di Indnesia masih tersebar di bagian Indonesia lainnya. Tidak hanya di Pulau Jawa, Indonesia terus mengembangkan kawasan wisata lainnya untuk bisa lebih ramah dan mudah dikunjungi oleh wisatawan baik asing maupun domestik.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top