Berita Pramuka

265 Pembina Pramuka Kebumen Ikuti KMD

Kebumen – Sebanyak 265 Pembina Pramuka mengikuti Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD). Kegiatan yang digelar selama lima hari oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Kebumen tersebut bertempat di area Kampus IAINU Kebumen, Sabtu-Rabu (27-31/8/2016).

Peserta KMD terdiri dari berbagai pihak, di antaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kebumen, Kwarcab Kebumen dan Mahasiswa dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen. Hadir dalam acara tersebut Ketua Kwarcab Kebumen, H Adi Pandoyo SH MSi, Wakil Ketua Bidang Binamuda, H Ahmad Ujang Sugiono SH, Wakil Ketua Bidang Binawasa Ir Gunadi, Sekretaris Edy Sukamsi SPd MPd dan segenap jajaran pengurus Kwarcab lainnya.

Dalam sambutanya, H Adi Pandoyo SH MSi menyampikan pentingnya pengamalan Dasa Dhama Pramuka bagi para angota dan pembina Pramuka. Menurut dia, dengan berkembang pasatnya teknologi infomasi, membuat berbagai budaya dengan mudah masuk ke Indonesia. Radikalisme dan paham yang bertentangan dengan Pancasila dengan mudah masuk tanpa dapat dibendung lagi.

“Salah satu yang menjadi benteng kita saat ini adalah Dasa Dharma Pramuka. Maka penting sekali bagi anggota pramuka untuk mengetahui,menghayati dan mengamalkan Dasa Dharma Pramuka,” tuturnya,

Kamabigus IANU Kebumen, Dr Imam Satibi SAg MPdI mengatakan, setiap tahun IANU Kebumen rutin mengajukan untuk dijadikan tempat KMD. Kegiatan ini sebagai wujud kontribusi lebih dalam rangka mendukung calon guru untuk sertifikasi Pramuka. “Dengan mengikuti KMD maka Pembina telah dinyatakan memiliki kompentensi dan legalitas untuk membina Pramuka di sekolah-sekolah. Sehingga mereka tidak melaksanakan malpraktek,” ungkapnya.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top