Tips Pramuka

Inilah 5 Cara Jitu Melawan Godaan Malas Menabung

malas menabung

Kesalahan yang dilakukan saat menabung bisa menjadi salah satu penyebab malas menabung.

by: magazine.job-like.com

Rajin menabung harus menjadi gaya hidup kita. Selalu terbiasa menabung dan bisa berhemat. Namun, tak sedikit masih ada yang malas menabung. Banyak alasan yang muncul mengapa malas menabung.

Rasa malas untuk menabung bisa saja muncul kapan saja dan pada siapa saja. Sebenarnya, rasa malas apa pun apalagi untuk menabung bisa diatasi. Tentu saja kita sebagai anggota pramuka memang diharuskan bisa melawan rasa malas.

Lakukan ini untuk melawan godaan malas Menabung

Banyak cara untuk melawan rasa malas menabung. Tergantung kita mau memilih cara yang mana. Tentu cara untuk melawan godaan malas menabung ini patut dicoba. Apalagi bagi kamu yang baru saja mulai menabung dan belum terbiasa.

Selalu ingat pada target yang sudah dibuat

Hal pertama yang harus dilakukan saat muncul rasa malas untuk menabung adalah ingat pada target dan tujuan awal kita. Semua target dan tujuan menabung itu sudah dibuat dengan matang. Tentu saja kita harus berusaha untuk mencapainya.

Jadi jangan menyia-nyiakan target yang akan kita capai itu. Ketika sudah muncul rasa malas untuk menabung, maka selalu ingatlah pada tujuan awal menabung itu untuk apa. Sehingga akan muncul kembali semangat untuk rajin menabung.

Menyadari bahwa menabung adalah kebutuhaan

Harus selalu diingat juga bahwa menabung itu jangan dijadikan beban. Jadikanlah kebiasaan menabung itu menjadi kebutuhan kita. Kenapa harus menjadi kebutuhan? Karena kita menabung memiliki tujuan dan target yang harus dicapai.

Selain itu, dengan menabung kita bisa mempersiapkan masa depan baik untuk kebutuhan yang sudah direncanakan atau tidak. Jadi agar tidak malas menabung, sadari dan lakukanlah bahwa menabung itu salah satu kebutuhan kita.

Selalu ingat pada hasil dari menabung

Proses menabung memang tidak mudah. Tapi dibalik proses itu, akan ada hasil yang manis. Jadi jangan pernah malas untuk menabung. Jika godaan malas menabung itu muncul, maka kita harus ingat pada hasilnya yang manis itu. Sehingga kita akan termotivasi untuk selalu semangat menabung.

Jangan pernah menunda

Ketika sudah muncul niat untuk menabung, maka kita harus segera melakukannya. Mengapa harus segera dilakukan? Karena ketika kita menundanya sedikit saja, maka akan muncul rasa malas untuk menabung. Sehingga bukan malas diawal saja bahkan mungkin kita tidak melakukan menabung sampai sekarang.

Jadi jangan pernah menunda untuk menabung. Karena ini salah satu cara untuk melawan rasa malas untuk menabung. Menabung itu mudah, jadi tidak alasan untuk menundanya.

Cari cara lain untuk menabung

Alasan lain mengapa kita malas untuk menabung, bisa karena bosan dengan cara menabung yang itu-itu saja. Bisa saja bosan karena uangnya sulit terkumpul sehingga malas untuk menabung lagi atau karena alasan lain.

Ketika muncul rasa bosan seperti ini, kamu harus segera mencari cara lain menabung yang lebih menarik. Sehingga tidak akan bosan untuk terus menabung. Misalnya kamu berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil tabungan yang banyak bersama-sama dengan teman atau saudara. Atau juga kamu bisa mencoba menabung dengan cara yang lain.

Ingat, jangan sia-siakan kesempatan

Ketika sudah muncul niat atau terbiasa untuk menabung. Jangan pernah sekalipun kita menyia-nyiakan kesempatan itu. Karena niat dan kebiasaan itu adalah kesempatan yang harus bisa kita manfaatkan dengan baik. Tidak semua orang bisa melakukan menabung dengan mudah loh.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top