Tips Pramuka

Ternyata 5 Kebiasaan Salah Ini Sering Dilakukan Saat Menabung

malas menabung

Kebiasaan salah dalam menabung ini akan menyulitkan diri sendiri. Mulai saat ini, bijaklah dan lakukan cara menabung yang baik dan benar.

by: magazine.job-like.com

Anggota pramuka harus terbiasa menabung. Tentu saja kebiasaan pramuka harus lebih baik dari pada yang lain. Namun ternyata masih banyak kesalahan yang dilakukan.

Terlihat sepele dan kita bahkan tidak menyadari bahwa cara menabung selama ini salah. Karena buktinya tabungan menjadi tidak ada hasilnya. Uang tabungan yang tadinya sengaja disimpan justru ikut terpakai karena kesalahan yang sering dilakukan.

Hindarilah kebiasaan salah saat menabung ini

Tanpa kita sadari, ternyata masih banyak kebiasaan yang  tidak baik dilakukan. Jika ingin menabung dengan baik, tentu harus bisa menghindari kesalahan tersebut. Apa saja kebiasaan salah yang harus kita hindari itu?

Membuat target tanpa pertimbangan yang pas

Sebelum membuat tabungan, sudah seharusnya kita membuat target. Target dibuat agar kita termotivasi untuk selalu menabung. Namun tak jarang target yang kita buat itu tidak pas dan dibuat tanpa pertimbangan terlebih dahulu.

Misalnya kita membuat target ingin mempunyai mobil mewah dalam waktu dekat, tapi ternyata pemasukan kita tidak seimbang. Sehingga kita mengutamakan tabungan dan mengabaikan keperluan yang seharusnya.

Akibatnya, untuk kehidupan sehari-hari menjadi sulit dan akhirnya tetap menggunakan uang tabungan itu. Jadi, tabungan kita percuma dan tidak ada hasilnya karena uang tabungannya tetap digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Membuat tabungan karena gengsi

Mengapa bisa dikatakan menabung karena gengsi? Karena tak jarang salah satu target kita adalah untuk mendapatkan barang-barang mewah. Alasannya untuk mengikuti perkembangan zaman dan tidak malu di depan teman. Tentu ini tidak boleh dibiasakan dalam tujuan kita menabung.

Karena membiasakan diri menabung bukan untuk gengsi. Melainkan untuk membuat kita kaya dan berhemat. Seperti pepatah “hemat pangkal kaya”. Jadi bijaklah dalam mencapai tujuan tabungan kita.

Tidak punya rekening khusus tabungan

Agar uang tabungan tidak mudah habis karena digunakan untuk keperluan sehari-hari atau lainnya. Maka uang tabungan harus dipisahkan dalam rekening khusus.

Namun kebiasaan memisahkan rekening tabungan ini masih jarang dilakukan. Sehingga uang tabungan masih saja digunakan untuk keperluan lain. Terlihat sepele hanya memisahkan rekening, namun ini akan berdampak besar pada hasil tabungan kamu.

Memprioritaskan uang sisa untuk ditabung

Jangan pernah menabung hanya mengandalkan uang sisa. Kita harus memiliki uang khusus untuk ditabung. Jika memang ada uang sisa ingin ditabungkan, boleh saja. Namun jangan prioritaskan uang sisa ini untuk ditabung.

Mengapa tidak boleh memprioritaskan uang sisa? Karena jika setiap harinya kamu tidak memiliki uang sisa, otomatis tidak akan pernah memulai dan terbiasa untuk selalu menabung. Jadi uang tabungannya juga harus disisihkan secara khusus ya.

Terlalu berhemat

Rajin menabung akan membuat kita terbiasa berhemat. Namun bukan berrati terlalu berhemat. Sehingga keperluan yang seharusnya dibeli menjadi tidak dibeli karena alasan ingin memiliki tabungan. Mengapa tidak boleh terlalu berhemat?

Karena nantinya akan menyulitkan kita untuk membeli keperluan sehari-hari. Jika sudah sulit, maka ujung-ujungnya akan menggunakan uang tabungan juga. Alhasil uang tabungan pun tidak terkumpul dan habis.

Menabung bukan untuk menyiksa diri

Tujuannya adalah untuk menyiapkan masa depan, menyiapkan untuk keperluan mendesak. Sehingga menghindari diri dari hutang. Jadi menabunglah sewajarnya dan jangan sampai karena memiliki tabungan malah menyulitkan dan menyiksa diri sendiri.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top