Tips Pramuka

7 Akibat Tidak Percaya Diri Ini Mempengaruhi Kualitas Hidupmu

akibat tidak percaya diri

Tidak percaya diri bisa mengimbulkan banyak dampak negatif. Akibatnya hidup akan selalu dipenuhi dengan rasa penyesalan dan menjadikan diri kita tidak berkualitas.

by: nulis.co.id

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Salah satu bentuk kekurangan yang sering terjadi adalah rasa tidak percaya diri. Kekurangan ini tentu akan mempengaruhi kualitas hidupmu. Untuk memperbaikinya, kamu harus mengetahui apa saja akibat tidak percaya diri itu.

Mau tidak mau, kekurangan dalam diri kita harus diperbaiki sedikit demi sedikit. Jangan dibiarkan begitu saja dan lama-lama menjadi penyakit.

Ketahuilah akibat tidak percaya diri ini

Banyak sekali akibat dari tidak percaya diri yang bisa mempengaruhi kualitas hidup kita. Jika ingin hidup kita semakin baik, maka kenalilah beberapa akibat dari tidak percaya diri. Agar bisa memotivasi untuk selalu percaya diri.

Kehilangan banyak kesempatan

Sangat disayangkan bahwa orang yang tidak percaya diri akan kehilangan banyak kesempatan. Karena ketika kesempatan itu ada, tidak pernah mau untuk mencoba. Hanya karena alasan tidak percaya diri.

Jika kamu tidak ingin kualitas hidupmu berkurang. Maka percaya dirilah dan jangan sia-siakan kesempatan yang ada dihadapan kita. Seperti kata pepatah, bahwa kesempatan itu tidak datang dua kali. Sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Hidup selalu dipenuhi dengan penyesalan

Karena sering menyia-nyiakan kesempatan yang baik. Maka hidup orang yang tidak percaya diri akan selalu dibayang-bayangi oleh rasa penyesalan. Menyesal karena sudah melewatkan kesempatan. Menyesal karena tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Oleh karena itu, beranikanlah diri kita untuk selalu melakukan hal-hal yang positif. Tujuannya agar hidup kita tidak dipenuhi dengan rasa penyesalan.

Cenderung melakukan kesalahan yang tidak perlu

Orang yang tidak percaya diri biasanya selalu grogi saat melakukan sesuatu. Rasa grogi ini bisa menimbulkan kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Bahasa kerennya salting alias salah tingkah.

Kalau sudah salting, malunya bukan main. Jadi lebih baik percaya diri agar tidak membuat malu diri sendiri bukan? Jadi percaya dirilah jangan pernah malu untuk mencoba dan melakukan apa pun selama itu bernilai kebaikan.

Sulit bergaul

Rasa tidak percaya diri akan membuat orang cenderung menyendiri karena malu. Dengan demikian, akan membuat diri sendiri menjadi sulit bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Jika sudah sulit bergaul, tentu menjalani hidup pun akan sulit. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, bukan makhluk penyendiri.

Melakukan apa pun menjadi tidak maksimal

Karena terlalu dibayang-bayangi rasa malu dan tidak percaya diri. Melakukan apa pun akan menjadi tidak maksimal. Hasil dari pekerjaan kita menjadi kurang maksimal. Sehingga kepuasan diri akan hasil yang didapatkan pun akan berkurang.

Mudah putus asa

Rasa malu dan tidak percaya diri yang berlebihan memang tidak baik. Karena akan membuat diri kita cenderung selalu berputus asa. Jika sudah putus asa, tentu suit untuk melanjutkan kehidupan yang lebih baik.

Mengalami kegagalan

Akibat tidak percaya diri dalam melakukan sesuatu, maka hidup kita akan mengalami kegagalan karena tidak mau mencoba. Maka cobalah untuk melakukan apa saja dan yakinkan bahwa diri ini bisa melakukannya.

Jangan sia-siakan kehidupan kita

Orang yang tidak percaya diri adalah orang yang menyia-nyiakan hidupnya. Tidak mau melakukan dan memanfaatkan apa yang ada pada dirinya. Ingat, hidup cuma sekali. Lakukan apa saja sejak saat ini selama itu kebaikan. Jangan sampai menyesal dikemudian hari. Karena kita tidak akan mengetahui hasil dari perbuatan jika tidak melakukannya.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top