Tips Pramuka

Perbaiki Kualitas Hidup Dengan Mengenal 7 Tanda Percaya Diri

tanda percaya diri

Berjabat tangan dengan cara yang baik menunjukan bahwa anda termasuk orang yang percaya diri.

by: ilmuntrik

Semua orang bisa memiliki rasa percaya diri yang baik. Namun, tak semua orang bisa mengenali rasa percaya diri pada dirinya itu. Tentu agar mengenalnya, kita harus berkenalan dulu bukan? Maka kenalilah berbagai tanda percaya diri ini. Jangan-jangan kamu memiliki salah satunya.

Mengenali tanda percaya diri akan menghasilkan nilai positif

Memiliki sifat atau sikap yang positif tentu akan menghasilkan nilai positif juga. Oleh karena itu, mulailah untuk berpikir dan melakukan hal positif agar menjadi lebih baik. Salah satunya dengan mengenal tanda percaya diri.

Mau menerima tanggapan orang lain terhadap diri sendiri

Orang yang memiliki rasa percaya diri, tidak akan kesal atau marah ketika dirinya sedang ditanggapi oleh orang lain. Baik itu tanggapan yang positif maupun negatif. Karena orang yang percaya cenderung memiliki hati yang lapang dalam menerima tanggapan.

Orang-orang seperti ini akan menerima apa adanya tanggapan dari siapa pun. Karena ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kesalahan atau mempertahankan kebaikan yang ada pada dirinya.

Lebih banyak mendengar daripada berbicara

Siapa pun yang memiliki rasa percaya diri pasti akan menggunakan waktu berbicaranya itu sesuai pada tempat dan situasinya. Berbeda dengan yang tidak percaya diri akan lebih banyak berbicara bahkan membual kepada siapa saja. Seolah-olah terlihat bahwa dirinya yang paling baik.

Mengapa demikian? Karena orang percaya diri berharap bisa menambah pengetahuannya salah satu caranya dengan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Meskipun dirinya sudah mengetahui banyak hal.

Berani mengakui kelemahan

Manusia yang baik adalah yang may mengakui kelemahan pada dirinya. Tidak pernah malu akan kelemahannya, tapi menjadikannya sebagai motivasi untuk melangsungkan hidup dengan baik. Itulah salah satu tanda bahwa anda merupakan orang yang memiliki rasa percaya diri.

Memberikan efek positif pada orang lain

Kepercayaan diri bisa memudahkan kita melakukan apa saja yang bernilai positif. Dengan melakukan aktivitas yang baik ini bisa memberikan efek positif juga pada orang lain. Misalnya orang lain akan mengikuti perilaku baik kita atau merasakan manfaat dari aktivitas yang sudah dilakukan.

Tidak takut salah dan berani mengambil sikap

Jika anda masih memiliki rasa takut melakukan kesalahan. Berarti anda belum termasuk orang yang percaya diri. Karena orang yang percaya diri tidak akan takut melakukan kesalahan. Dia akan menyadari hasil dari apa yang dikerjakannya.

Jadi jangan takut salah, selalu beranikan diri dalam mengambil sikap. Setelah itu, terimalah hasil dan resikonya dengan cara yang baik.

Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Jika suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain agar terlihat baik. Maka anda belum percaya diri. Karena orang yang percaya diri tidak perlu melakukan itu. Yang terpenting bisa melakukan semua hal dengan baik, bukan hanya ingin terlihat baik dengan membandingkan diri.

Setelah mengenali tandanya, maka terapkanlah

Semua tanda percaya diri itu bisa dibangun dalam diri siapa saja. Oleh karena itu, jika sudah mengenalnya, maka bangunlah percaya diri itu dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari secara bertahap dan berkala.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top