Tips Pramuka

Pramuka Bisa Atasi Rasa Tidak Percaya Diri Dengan 7 Cara Jitu

atasi tidak percaya diri

Selalu yakin akan kemampuan diri sendiri. Sehingga bisa mengatasi kebiasaan tidak percaya diri dan memulai kebiasaan baru yaitu memiliki rasa percaya diri yang baik.

by: magazine.job-like.com

Cara atasi tidak percaya diri memang tidak mudah tapi pasti bisa dilakukan. Namun bagi pramuka, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Karena Pramuka harus bisa melakukan apa saja. Untuk melakukan semua hal itu tentu dibutuhkan rasa percaya diri yang baik.

Namun tak jarang masih ada beberapa yang tidak percaya diri. Agar selalu percaya diri, pramuka memiliki cara jitu untuk mengatasi rasa tidak percaya diri.

Keberhasilan atasi tidak percaya diri berdasarkan usaha yang dilakukan

Selalu yakin pada berbagai usaha yang dilakukan. Bahwa semua usaha yang dilakukan bisa mengatasi rasa tidak percaya diri. Mulailah berpikir positif dan ubah mindset negatif.

Mengetahui kelebihan diri sendiri

Orang yang tidak percaya diri akan cenderung selalu memikirkan kekurangan dan kelebihannya. Tahukah anda bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan. Jadi jika sudah tahu kekurangan, maka harus tahu juga kelebihan yang ada pada diri kita.

Dengan demikian, kita bisa menutupi kekurangan tersebut dan rasa tidak percaya diri itu lambat laun akan hilang. Jadi yakinlah akan kemampuan yang kita miliki.

Jangan menutup diri untuk bergaul dan bersosialisasi

Bersosialisasi dengan siapa saja sangatlah penting. Ketika ada kesempatan untuk bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain, maka lakukanlah. Jangan pernah menolaknya. Karena semakin sering menolak, rasa tidak percaya diri akan semakin besar.

Jika ingin percaya diri, berikanlah kesempatan pada diri sendiri untuk mengenal orang lain dengan baik. Bersikap terbuka dan jangan selalu tertutup untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Ubah mindset negatif menjadi positif

Sesulit apa pun rintangan yang dihadapinya. Maka seorang pramuka akan selalu berpikir positif bahwa dia bisa melakukannya dengan baik.

Karena rasa tidak percaya diri itu muncul ketika mindset atau pikiran kita selalu negatif. Untuk mengatasinya, berpikirlah positif akan semua hal sehingga rasa percaya diri itu akan muncul dan menjadi kebiasaan yang baik.

Selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki

Kenapa tidak percaya diri? Salah satu alasannya karena kurang bersyukur. Orang yang kurang bersyukur cenderung memikirkan kelemahan yang ada pada dirinya. Sehingga akan selalu merasa bahwa dia tidak bisa melakukan apa-apa.

Bersyukurlah terhadap apa yang kita miliki saat ini. Karena dengan bersyukur, bisa membuat kita lebih percaya diri. Cara mempertahankan kekuatan diri sendiri yaitu dengan bersyukur.

Bersikap baik kepada orang lain

Untuk mengatasi rasa tidak percaya diri harus dimulai dari hal yang baik. Salah satunya dengan selalu bersikap baik dengan orang. Dengan demikian, bisa memberikan dampak positif pada diri kita dan terbiasa untuk percaya diri.

Belajar dari kesalahan

Munculnya rasa tidak percaya diri bisa diakibatkan karena trauma dari kesalahan masa lalu. Jika ingin menjadi orang yang selalu percaya diri. Maka belajarlah dari kesalahan itu bukannya menjadikan kita orang yang lemah. Karena seorang pramuka akan mengambil hal positif dan belajar dari kesalahan yang sudah terjadi.

Memperhatikan penampilan

Rasa percaya diri bisa muncul salah satunya dengan memperhatikan penampilan. Berpenampilanlah dengan baik dan rapi sehingga membuat orang lain nyaman melihatnya.

Lakukan semuanya secara bertahap

Semua usaha akan terasa sulit jika dilakukan tidak secara bertahap. Oleh karena itu, agar rasa tidak percaya diri itu bisa diatasi, lakukanlah semua usaha ini secara bertahap dan perlahan sehingga menjadi kebiasaan yang baik dan selalu percaya diri kapan pun serta dalam kondisi apa pun.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top