Tips Pramuka

Apa saja yang Harus Diperhatikan sebelum Pramuka Membeli Tenda Camping?

Tips memilih tenda, memilih tenda sesuai kebutuhan

Banyak faktor dipertimbangkan ketika membeli sebuah tenda camping. Setiap desain tenda ada kelebihan dan kekurangannya. Anda perlu tahu desain yang terbaik untuk perkemahan Anda.

by: Alpha Adventure

Tenda peralatan camping yang wajib ada saat Anda akan berkemah. Memilih tenda camping yang tepat sangatlah penting karena tenda memiliki fungsi, kerangka serta bahan material yang berbeda-beda untuk disesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Tenda yang tepat adalah tenda yang sesuai dan dapat menopang aktivitas Anda. Ada banyak jenis tenda yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk berkemah, namun sebelum Anda membelinya sebaiknya pahami dulu bagaimana cara mendapatkan tenda yang sesuai dengan aktivitas Anda.

Dengan memastikan bahwa tenda camping yang Anda beli sesuai dengan kegiatan Anda, maka tenda pun akan terasa lebih nyaman saat digunakan.

Pilih yang tinggi atau yang pendek?

Jika Anda ingin memilih tenda camping biasa, maka Anda bisa memilih tenda yang cukup tinggi untuk kenyamanan Anda saat beristirahat di dalam tenda. Tenda yang tinggi memungkinkan Anda lebih mudah bergerak.

Selain itu, pada saat siang hari pun tidak akan terasa terlalu panas karena tingginya tenda membuat angina dapat dengan leluasa masuk ke dalam tenda. Tetapi, jika Anda ingin menggunakan tenda untuk mendaki gunung, jangan memilih yang tinggi karena akan terasa kurang nyaman di malam hari.

>  Bosan Latihan Pramuka Yang Monoton, Ini Cara Mengatasinya

Tenda yang rendah lebih bagus untuk mendaki gunung karena konstruksi yang renda menghalau angin masuk ke dalam tenda. Pilihlah tenda dengan tinggi kurang lebih satu meter atau bahkan kurang untuk kenyamanan beristirahat di tenda yang menyenangkan. Anda bisa memilih tenda pendek di toko peralatan camping karena ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil.

Perhatikan bahan tenda sesuai kebutuhan

Selain konstruksi tenda, pertimbangkan bahan dari tenda camping yang digunakan karena setiap tenda memiliki bahan yang berbeda. Bahan tenda akan mempengaruhi suhu di dalam tenda saat tenda didirikan.

Untuk camping di area yang rendah dan panas di siang hari, Anda bisa menggunakan tenda dengan bahan katun yang dingin dan nyaman saat siang hari. Anda tetap bisa beristirahat di dalam tenda meskipun di siang hari yang panas dan terik.

>  Inilah Cara Jitu Membiasakan Hidup Hemat

Untuk daerah gunung, tenda bahan katun tidak terlalu cocok karena bisa membuat suhu di dalam tenda menjadi semakin dingin. Bahan nylon lebih cocok untuk daerah gunung yang cenderung lebih dingin khususnya pada malam hari.

Dengan memilih perlengkapan camping yang tepat maka waktu beristirahat di tengah aktivitas Anda akan lebih menyenangkan.

Bentuknya pun beragam untuk tujuan berbeda

Tenda camping memiliki bentuk yang berbeda-beda karena tenda dapat disesuaikan dengan area yang berbeda. Beberapa jenis tenda memiliki bentuk yang bisa terbuka di bagian atas dimana tenda jenis ini sangat cocok untuk camping di area yang rendah.

Untuk camping di gunung, tentunya tenda yang tertutup akan jauh lebih baik agar angina tidak bisa dengan mudah masuk ke dalam tenda. Anda bisa mengecek toko jual tenda camping untuk memilih tenda yang tepat sesuai dengan kriteria tempat camping Anda.

>  Inilah Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Pastikan tenda camping sesuai dengan aktivitas dan tempat Anda melakukan camping. Memilih perlengkapan camping yang tepat maka waktu beristirahat di tengah aktivitas Anda akan lebih menyenangkan.

Pastikan tenda Anda sesuai rencana aktivitas di perkemaha. Perhatikan tinggi, ukuran, bahan, dan bentuknya. pahami dulu bagaimana cara mendapatkan tenda yang sesuai dengan aktivitas Anda.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top