Tips Pramuka

Tabungan Sulit Terkumpul? Coba Lakukan 6 Cara Menabung Efektif Ini

menabung yang efektif

Salah satu cara menabung yang efektif adalah dengan membuat tempat tabungan yang berbeda. Tempat tabungan diberi nama sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita menabung.

by: capitalfm.co

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menabung. Namun melakukan kebiasaan untuk menabung itu tidaklah mudah sehingga membuat kita menjadi boros. Bahkan kita berpikir lelah untuk menabung karena sulit untuk terkumpul. Oleh karena itu, kamu harus mencoba cara menabung yang efektif agar ada hasilnya.

Bagaimana cara menabung yang efektif itu?

Menabung akan terasa manfaat jika kita melakukannya dengan benar. Maka menabunglah dengan cara yang benar dan efektif. Tekadkan niat untuk menabung dan lakukan dengan baik dan benar.

Tekadkan niat dan tujuan menabung

Niatkan dari awal tujuan kita menabung itu untuk apa. Misalnya jika untuk membeli barang maka targetkan juga jumlah tabungannya. Dengan menekadkan niat kita, maka akan selalu teringat tujuan menabung dan bisa melawan godaan untuk tidak menabung.

Buat tempat tabungan yang berbeda sesuai tujuannya

Jika kita sudah membuat tujuan menabung untuk apa saja. Maka kita harus menyiapkan tempat untuk menabung. Buatlah tempat tabungan yang terpisah sesuai tujuan dan target kita. Gunakan tempat yang transparan agar kita bisa terus melihatnya dan akan tertantang dan semangat untuk selalu menabung. Jika akan menabung di bank, maka gunakanlah tabungan yang tidak mudah diambil uangnya.  

>  Anda Mendapatkan Kritik? Begini Cara Meresponnya

Jangan tertinggal satu hari pun untuk menabung

Ketika kita sudah memiliki niat untuk menabung, maka harus dilakukan secara konsisten. Jangan pernah melewatkan sehari pun untuk menabung. Jika seharinya saja tidak menabung, maka akan menjadi kebiasaan tidak menabung di hari-hari selanjutnya. Akhirnya uang tabunganmu tidak akan terkumpul. Maka rutin dan konsistenlah untuk selalu menabung.

Jangan boros dan catat setiap pengeluaran

Jangan biasakan hidup boros jika ingin uang tabungan terkumpul. Catatlah pengeluaran setiap harinya. Tujuan dari catatan ini untuk mengontrol apakah kita menggunakan uang melebihi target setiap harinya. Jika mulai terjadi seperti itu, maka harus segera waspada dan mulai kembali berhemat agar bisa menabung.

>  Coba Lakukan Tips Menarik Minat Latihan Anggota Baru Ini

Gunakan uang nominal tertentu untuk ditabung

Selain membuat tabungan sesuai tujuan yang sudah dibuat. Kamu juga bisa menabung dengan menggunakan uang nominal tertentu. Misalnya kamu rutin setiap hari untuk menabungkan uang nominal 2.000, 5.000, atau 10.000.

Nominal ini wajib kamu tabung setiap hari walaupun jumlahnya hanya 1 atau lembar. Menabung dengan cara ini banyak digunakan orang dan bisa dibilang efektif. Karena kamu harus menyimpan uang dengan nominal tersebut setiap harinya.   

Perbanyak sedekah

Rajin menabung jangan membuat kita menjadi orang yang pelit. Meskipun kita memiliki tujuan dan target untuk menabung, jangan lupa untuk memperbanyak sedekah. Karena seperti yang kita tahu bahwa sedekah bisa menambah rezeki kita selain itu bisa mendapat pahala. Jadi jangan hanya menabung untuk dunia, tapi menabung juga untuk akhirat.

>  Pramuka Punya 5 Cara Cerdas Menghemat Pengeluaran

Yuk perbaiki cara menabung kita

Menabung bisa dilakukan dengan baik jika caranya juga benar. Jika cara menabung kita masih gitu-gitu aja. Yuk mulai sekarang perbaiki cara menabungnya menjadi lebih efektif.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top