Tips Pramuka

Inilah 6 Cara Mengeringkan Pakaian Anti Bau Apek Saat Musim Hujan

mengeringkan pakaian saat hujan

Mengeringkan pakaian memang tidak bisa dilakukan diluar ruangan saat hujan.

by: harianindo.com

Sulitnya mengeringkan pakaian karena cuaca yang selalu hujan. Tak hanya sulit kering, tapi tak jarang juga menimbulkan bau apek. Sehingga membuat kita tidak nyaman saat menggunakan pakaian tersebut. Sebenarnya ada cara mengeringkan pakaian anti bau apek yang harus dicoba.

Sebenarnya, banyak cara mengeringkan pakaian anti bau apek

Pakaian yang tidak kering memang seringkali menimbulkan bau apek. Hal ini terjadi karena pakaian tidak bisa dijemur di bawah sinar matahari. Banyak cara untuk mengatasinya seperti mengangin-anginkan pakaian, menggunakan pelembut saat mencuci, dan lain-lain.

Cucilah pakaian dengan air bersih

Tujuan mencuci pakaian adalah untuk membersihkan pakaian, jadi jangan mengabaikan kebersihan air yang kita gunakan. Air yang tidak bersih dapat menimbulkan banyak kotoran menempel pada pakaian dan menimbulkan bau apek. Jadi selalu cuci pakaian menggunakan air bersih agar hasilnya bersih sempurna.

Gunakan detergen anti bakteri dan pelembut pakaian

Mencuci pakaian menggunakan detergen yang mengandung anti bakteri dan pelembut sangatlah bagus. Adanya pelembut dalam detergen bisa membuat pakaian kita wangi dan terhindar dari bakteri. Sehingga pakaian kita bisa terhindar dari bau apek saat dijemur tidak di bawah sinar matahari.

Bilas pakaian hingga bersih

Tidak bersihnya membilas pakaian bisa menimbulkan bau apek. Jadi pastikan sudah membilas pakaian sampai bersih dan tidak ada lagi sisa sabun yang menempel. Sehingga tidak akan menimbulkan bau apek saat kering meskipun dijemur di dalam rumah.

Beri sirkulasi udara saat mengeringkan pakaian

Mengeringkan pakaian saat musim hujan memang butuh teknis khusus. Biasanya saat hujan, pakaian akan dijemur di dalam ruangan dan menimbulkan bau apek. Agar tidak bau, jemurlah pakaian menggunakan gantungan baju. Lalu berikan sirkulasi udara misalnya melalui jendela sehingga udara yang masuk bisa membuat pakaian kering dan tidak bau apek.

Beri jarak antar pakaian

Memberi jarak pada pakaian bisa menghilangkan bau apek. Hal ini terjadi karena jarak tersebut bisa mempermudah masuknya sirkulasi udara. Selain tidak menimbulkan bau apek, pakaian juga akan mudah kering.

Langsung setrika baju yang sudah kering

Jangan pernah menunda untuk merapihkan pakaian. Biasanya saat pakaian kering kita langsung menumpuknya dan disetrika dilain waktu. Berbeda saat musim hujan, pakaian yang sudah kering harus segera disetrika. Mengapa harus segera disetrika? Karena saat musim hujan, pakaian biasanya tidak kering secara sempurna. Jadi bisa menimbulkan bau apek jika dibiarkan menumpuk tanpa disetrika dulu.

Mulailah hidup bersih dari sekarang

Menjaga kebersihan pakaian sangatlah penting. Dengan pakaian yang bersih dan wangi tentu menjadi salah satu cara agar kita terhindar dari penyakit. Tak hanya terhindar dari penyakit, kita juga akan lebiih percaya diri dan tidak mengganggu orang-orang yang ada disekitar.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top