Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah Juara Kostum Terbaik Festival Budaya Rainas 2017

Kak Yudha Adyaksa berfoto dengan kostum terbaik

Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) Kak Yudha Adyaksa menyalami peserta dari kontingen Kalimantan Tengah peraih gelar kostum terbaik Festival Budaya Nusantara Raimuna Nasional 2017, Munggu (20/8/2017) di Jakarta

by: Pramuka Pos

Jakarta – Parade dan festival budaya meriahkan hari terakhir Raimuna Nasional XI 2017. Kalimantan Tengah tampil meraih gelar juara kostum terbaik, Minggu (20/8/2017) pagi

Di antara sekian banyak festival, yang paling menyita perhatian khalayak adalah karnaval kostum bertajuk ‘Provincial Fashion Carnival’ yang menampilkan pakaian khas masing-masing daerah.

Penilaian panitia, Kalimantan Tengah keluar sebagai juara pertama. Kontingen Kalteng tampikan kostum yang dihiasi dengan bulu burung Tingang atau biasa disebut burung Enggang.

Burung Tingang dipercaya sebagai hewan keramat oleh suku Dayak. Selain itu, kostum yang dibuat selama dua hari itu juga dihiasi bulu burung merak yang membuat kostum semakin megah.

“Karena di kostum tersebut terdapat bulu salah satu burung keramat suku Dayak, makanya saya menampilkan kostum tersebut. Selain itu, saya ingin menunjukkan budaya Dayak khususnya Kalimantan Tengah kepada peserta Raimuna Nasional 2017 ini, karena ada aksesoris yang kita unggulkan lagi, yaitu senjata khas Kalteng, mandau dan talawang,” tutur Kak Fany, Pimpinan Kontingen Daerah Kalimantan Tengah saat ditemui di lokasi.

>  250 Pramuka ikuti Pesta Siaga Kwarcab Barut

Selain juara, masing-masing peserta juga diberi piagam penghargaan dan selempang yang diberikan oleh Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka, Kak Yudha Adyaksa.

“Kami bangga dan sangat senang luar biasa karena kami bisa menjadi peserta terbaik pertama dari seluruh peserta yang mengikuti kompetisi kostum ini. Karena kami mengerjakan kostum ini terbilang cepat, tapi kami bisa menjadi juara,” tutupnya.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault menjelaskan, banyak hal bisa didapat dari Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka. Terlebih berbagai daerah dari seluruh Indonesia dan beberapa negara sahabat berkumpul di Cibubur.

>  Pembina Pramuka Harus Narakarya

“Di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 15.000 Pramuka usia 16-25 tahun ini merasakan benar manfaat bahasa persatuan Indonesia. Di sini perbedaan menjadi kekuatan, lewat pawai budaya, festival kuliner, pentas seni, kerajinan tangan, dan lain-lain. Adik-adik Pramuka belajar langsung kebinekaan. Setidaknya dua harapan kita, mereka makin bangga dan mencintai Indonesia. Dua itu akan mendorong mereka berkarya serta berprestasi,” terang Kak Adhyaksa.

Festival dan Karnaval Raimuna Nasional 2017 terdapat Parade Kebudayaan, Festival Kuliner Indonesia, Karnaval Kostum Khas Daerah, Color Dancemob, Pertunjukan Komunitas, Umbrella Painting, Big Scout Logo, dan Peace Handycraft. Festival ini merupakan rangkaian kegiatan penutup di hari terakhir Raimuna Nasional XI 2017.

Paling Sering Dibaca

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top