Tips Pramuka

Kenapa Harus Rajin Menabung? Ini Jawabannya

manfaat rajin menabung

Banyak manfaat yang dapat dirasakan jika kita rajin menabung. Diantara manfaat itu, kita bisa terbiasa untuk mengatur keuangan dan mengatasi kebutuhan yang mendesak.

by: bobo.grid.id

Segala sesuatu yang bernilai positif bisa memberikan banyak manfaat untuk kita. Termasuk jika rajin menabung, maka akan terasa juga manfaatnya. Namun sangat disayangkan jika masih banyak yang belum sadar akan manfaat menabung.

Kurangnya kesadaran ini bisa memicu orang untuk malas menabung. Agar kita tidak malas dan semakin rajin menabung tentu harus mengetahui alasan dan manfaat menabung bukan?

Inilah alasan dan manfaat menabung

Membiasakan diri untuk rajin menabung memang tidak mudah. Namun jika sudah terbiasa, akan sulit untuk tidak menabung. Apalagi jika sudah merasakan manfaat dari rajin menabung. Apa saja sih manfaatnya?

Memiliki uang cadangan untuk kebutuhan mendesak

Ketika menabung, kita memang diharuskan untuk bisa menyisihkan uang secara tepat. Menyisihkan uang untuk ditabung tentu tidak akan menjadi sia-sia. Kenapa? karena dengan uang tabungan itu bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak di waktu yang akan datang.

Misalnya, kamu perlu uang untuk membayar uang ke dokter saat sakit. Atau tiba-tiba kamu mendesak harus membayar kebutuhan di luar dugaan. Nah, jika ada uang tabungan, tentu tidak akan kesulitan.

Melatih kesabaran dan disiplin

Rajin menabung akan melatih kita kesabaran dan disiplin. Kenapa? Karena ketika orang lain bisa dengan mudah menggunakan uangnya. Kita harus sedikit berhemat agar uangnya bisa ditabung.

Keharusan konsistensi kita untuk menabung juga akan mengajarkan diri untuk disiplin. Karena ketika menabung, mau tidak mau harus mematuhi aturan yang sudah kita buat.

Membiasakan hidup hemat

Jika sudah terbiasa menabung, maka akan terbiasa pula untuk hidup hemat. Uang yang biasanya boros dan dihambur-hamburkan justru harus bisa ditabung. Sehingga dengan menabung, kita akan terbiasa untuk hidup hemat. Ingat hidup hemat ya, bukan pelit!

Belajar dan terbiasa mengatur keuangan

Menabung mengajarkan kita untuk terbiasa mengatur keuangan. Karena uang sudah kita miliki harus dibagi-bagi untuk berbagai kebutuhan. Termasuk dipisahkan untuk menabung.

Memberikan kemungkinan menjadi cepat kaya

Jika dilihat sepintas, menabung itu seperti orang yang tidak punya uang. Padahal, sebenarnya orang yang rajin menabung itu adalah orang yang kaya. Karena orang yang menabung bisa memiliki uang lebih dari pada yang tidak menabung. Jika ini bisa menjadi salah satu cara untuk cepat kaya, maka jangan pernah ragu untuk menabung.

Menghindari terjerat hutang

Rajin menabung akan membiasakan kita untuk berhemat. Selain itu akan melatih diri agar tidak menggunakan uang untuk hal yang tidak diperlukan. Dengan demikian, kita juga akan terhindar dari jeratan hutang. Karena salah satu penyebab kita memiliki hutang adalah keinginan untuk menggunakan uang pada hal-hal yang tidak seharusnya.

Melatih diri untuk selalu menghargai apa pun

Selalu biasakan untuk mengahargai apa pun yang kita lakukan. Menghargai akan sulitnya mendapatkan uang. Dengan menabung, kita juga akan belajar untuk menghargai kerja keras yang dilakukan. Bahkan bisa melatih diri untuk menghargai sesama dan saling tolong menolong.

Biasakan rajin menabung mulai saat ini

Jangan pernah ragu dan menunda untuk membiasakan diri rajin menabung. Karena dibalik usaha yang terasa sulit saat menabung. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bukan hanya manfaat dalam bentuk finansial, tapi manfaat lainnya yang membuat diri kita menjadi lebih baik.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top