Tips Pramuka

Mari Terapkan Langkah dan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Menyikat gigi yang benar

Gigi berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Karena gigi inilah yang bertugas memecah makanan menjadi partikel kecil. Dengan demikian makanan dapat masuk dengan lancar ke dalam saluran pencernaan.

Menggosok gigi pastilah merupakan kegiatan yang kita lakukan setiap hari. Dengan menggosok gigi mulut kita akan terasa segar dan terhindar dari bau mulut yang mengganggu.

Sahabat Pramuka, menggosok gigi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi kita. Pastinya kita tahulah bahwa gigi merupakan elemen penting dalam mulut. Terutama dalam proses pencernaan makanan.

Sejak kecil kita pastinya sudah diajari untuk melakukan kebiasaan gosok gigi ini oleh orang tua kita. Namun apakah cara menggosok gigi yang kita lakukan setiap hari itu sudah memenuhi standar cara menggosok gigi yang benar? Atau malah kita belum tahu bagaimana cara menggosok gigi yang benar?

Menyikat lidah sebelum menyikat gigi

Hal yang sering dilupakan dalam menggosok gigi yang benar adalah menyikat lidah terlebih dahulu sebelum menggosok gigi. Menyikat lidah terlebih dahulu sebelum menggosok gigi berguna untuk membersihkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut.

Pada umumnya bagian yang digunakan untuk membersihkan lidah ini berada di bawah bulu-bulu sikat yang kita pakai. Bersihkanlah lidah sejauh yang bisa kita jangkau.

Oh ya, membersihkan lidah ini juga perlu menggunakan pasta gigi. Semakin dalam lidah, disitulah tempat semakin banyaknya bakteri yang  bersarang. Bersihkan lidah anda dengan lembut dan usahakan jangan sampai melukai lidah.

>  Cara Membuat Api Menggunakan Baterai dan Kertas Foil Tanpa Korek Api

Nah.., setelah membersihkan lidah, lanjutkan pada langkah-langkah menggosok gigi yang benar. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah-langkah menggosok gigi yang benar

  1. Posisikan bulu sikat pada permukaan gigi dekat dengan gusi membentuk sudut 45 derajat. Kemudian mulailah menyikat gigi geraham atas atau pada gigi belakang pada salah satu sisi mulut. Sikat selama sekitar 20 detik dengan cara memutar dari atas ke bawah.
  2. Langkah kedua, sikatlah setiap bagian gigi. Mulailah dengan menyikat bagian gigi yang biasa digunakan untuk mengunyah makanan. Gigi tersebut gigi yang berada dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan kita menyikat semua permukaan gigi supaya tidak ada kotoran atau plak yang tertinggal .
  3. Langkah selanjutnya, beralih ke menyikat gigi bagian depan. Untuk menggosok gigi bagian depan ini kita harus memegang gagang sikat gigi dengan posisi vertikal. Bisa juga dengan menggunakan bagian ujung kepala sikat gigi. Lakukan dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Ulangi gerakan ini selama 2-3 kali.
  4. Bila perlu ubahlah pola gosok gigi yang biasa kita lakukan. Terkadang menggosok gigi dengan pola yang sama akan melewatkan bagian lain pada gigi sehingga bagian tersebut tidak tersikat dengan maksimal.
  5. Jika kita mulai dari bagian geraham atas, maka nantinya akan berakhir pada bagian geraham bawah. Lamanya waktu yang akan dibutuhkan untuk menggosok seluruh bagian gigi adalah sekitar 2-3 menit. Kemudian bilas dengan cara berkumur dengan air bersih.
>  Bisa Berakibat Fatal! Inilah 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berkemah

Menggosok gigi sebaiknya jangan terlalu keras dan jangan terlalu menekan gigi. Hal itu akan menyebabkan sakit pada gigi dan gusi. Selain itu menggosok gigi terlalu keras juga dapat menyebabkan enamel (gigi terkikis) dan memicu terjadinya gigi sensitif.

Gigi berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Karena gigi inilah yang bertugas memecah makanan menjadi partikel kecil. Dengan demikian makanan dapat masuk dengan lancar ke dalam saluran pencernaan.

Pastikan zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan bisa terserap danegn baik oleh sel-sel yang membutuhkannya, dimulai dari membersihkan rongga mulut dengan menyikat gigi yang benar.

Paling Sering Dibaca

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top