Jawa Barat

Membangun Jiwa Wirausaha dan Skill Jurnalistik Bagi Pemuda

Sekda Kota Bandung, Yossi Irianto selaku Ka kwarcab Pramuka Kota Bandung membuka Pelatihan Wirausaha bagi Jurnalis dan Pemuda Dalam Membangun Bangsa di Hotel Naripan, Jln Naripan 31-35 bandung, kamis ( 23/11/2017).

Bandung –  Kota Bandung saat ini sangat membutuhkan para wirausaha muda agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi  dan mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan.

“ Agar masalah pengangguran dan kemiskinan di kota Bandung teratasi, diperlukan pengusaha-pengusaha muda yang jumlahnya banyak. Dengan munculnya para pengusaha muda tersebut  menjadi sebuah irisan lapangan kerja semakin terbuka lebar,” ujar Sekda Kota Bandung, DR. H. Yossi Iriyanto, M.Si., saat membuka “Pelatihan Wirausaha Bagi Jurnalis dan Pemuda Dalam Membangun Bangsa” di ruang pertemuan Hotel Naripan No 31-35 Bandung, Kamis (23/11/2017). Kegiatan ini digelar oleh Forum Wartawan Bandung Juara (FWBJ) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung , Dispora Kota Bandung, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung.

Menurut Yossi, hingga saat ini  jumlah wirausahawan di Indonesia khususnya kota Bandung lebih rendah dibanding  wirausahawan di negara-negara maju yang tingkat pertumbuhan ekonominya tinggi seperti Malaysia hingga Amerika. Karena itu kebijakan pemerintah harus lebih mengarah pada pengembangan sektor kewirausahaan.

>  KMD Harus Hasilkan Pembina Pramuka Berkualitas

“ Pembangunan pemuda merupakan tanggungjawab semua pihak terutama pemerintah. Karena itu, pemerintah kota Bandung memiliki kebijakan untuk lebih mengembangkan sektor keriwausahaan bagi pemuda,” Jelas Kak Yossi yang juga menjabat selaku Ka Kwarcab Pramuka Kota Bandung.

Kegiatan dari 23-24 November 2017 tersebut dikuti sejumlah wartawan Kota Bandung, perwakilan Organisasi Kepemudaan dan Pramuka Kota Bandung.

“ Melalui pelatihan Kewirausahaan dan Jurnalistik ini dapat mengubah pola pikir dan membangun jiwa kewirausahaan pemuda untuk menjadikan wirausahawan dan jurnalis yang bekerja professional dengan menggunakan ide dan kreativitas,” lanjut kak Yossi.

>  Duta Pramuka Majalengka

Dalam sambutannya, Ketua FWBJ, Asep Robin, S.Sos., berharap para peserta dapat memetik manfaat dari pelatihan ini dan mampu berperan aktif  di lingkungannya masing-masing.

“ Era globalisasi seperti sekarang ini diperlukan sosok jurnalis atau pemuda yang kreatif. Bagaimana mereka bisa membuat satu media aktif  dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta selain mendapatkan manfaat dari teknik jurnalistik dapat mengambil manfaat tentang kewirausahaan,” ujar Asep.

Senada dengan Asep, Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansah berharap jumlah pengusaha muda di kota Bandung dapat meningkat di segala bidang.

“ Pelatihan ini semoga mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan khususnya bagi pemuda untuk mengatasi jumlah pengangguran dan bagi para wartawan dapat menjadi wawasan sebagai wartawan yang bekerja secara professional. “ ucap Hardiyansah.

>  Pramuka Bhayangkara Peduli

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Herdisyah Antabat, ST.,M.Sn., dari Bandung TV tentang Komikasi dan Wisarusaha.

Sumber : Benny K/ Roni SF/ Scout.id

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top