Tips Pramuka

Pramuka Punya Cara Mudah Membiasakan Diri Rajin Menabung

membiasakan diri rajin menabung

Kita bersama-sama memulai untuk membiasakan diri rajin menabung kapan saja. Karena tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai membiasakan rajin menabung.

by: borgenmagazine.com

Menabung merupakan kebiasaan positif yang harus bisa dilakukan oleh siapa saja. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika kita rajin menabung. Namun tak semua orang merasa mudah untuk ,membiasakan diri rajin menabung. Ini terjadi karena belum terbiasa untuk selalu menabung.

Apapun aktivitasnya harus dimulai dari pembiasaan, begitupun dengan menabung. Menabung akan terasa mudah jika sudah terbiasa. Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri rajin menabung. Kamu bisa melakukan cara membiasakan diri rajin menabung ala pramuka ini.

Buatlah target dan berusaha mencapainya

Salah satu tujuan menabung adalah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan kita. Oleh karena itu, buatlah target untuk apa kita menabung dan berapa jumlah uang yang harus terkumpul. Dengan adanya target tersebut, akan membuat diri termotivasi untuk selalu berusaha mencapainya. Sehingga mau tidak mau harus dan akan terbiasa untuk menabung.

Biasakan menabung secara perlahan

Membiasakan sesuatu yang tidak biasa dilakukan memanglah tidak mudah. Oleh karena itu, biasakan menabung secara perlahan. Menabunglah dari jumlah terkecil lebih dulu misalnya satu hari 5000 atau semampunya saja. Jangan memaksakan diri untuk terbiasa menabung dalam jumlah besar. Karena yang terpenting bisa konsisten dan terbiasa untuk menabung dulu bukan seberapa besar nominal yang kita tabung.

Jangan mudah tergoda untuk boros

Godaan terbesar saat membiasakan untuk menabung adalah gaya hidup yang boros. Ingin membeli apa saja yang kita lihat padahal sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Disinilah, kita dituntut untuk belajar melawan hawa nafsu untuk menghambur-hamburkan uang.

Ingatlah saat sulitnya mendapatkan uang sehingga kita bisa melawan keinginan untuk boros tersebut. Dari pada uangnya dihambur-hamburkan, lebih baik ditabung bukan?

Tetapkan waktu untuk menabung

Setelah membuat target dan tujuan untuk apa kita menabung. Tentu harus ditentukan pula waktu lamanya menabung. Mengapa harus ditentukan waktunya? Agar kita terus termotivasi untuk terus menabung dan memenuhi target yang harus kita capai. Tapi jika sudah mencapai target, jangan berhenti untuk menabung ya. Karena biasanya jika sudah terbiasa untuk menabung akan terus ingin menabung loh.

Kendalikan diri untuk tidak mengambil uang tabungan

Godaan terberat yang lainnya saat kita menabung adalah keinginan untuk mengambil uang tabungan. Alasan sederhananya mungkin karena mendesak. Tapi usahakanlah untuk tidak mengambil uang tabungan yang sudah ditargetkan. Bijaklah dalam mengambil keputusan apakah kebutuhan itu memang benar-benar mendesak atau tidak sampai-sampai kita harus mengambil uang tabungan.

Mulai membiasakan diri rajin menabung sejak saat ini

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang positif termasuk membiasakan diri rajin menabung. Oleh karena itu, kita biasakan rajin menabung mulai saat ini. Karena menabung bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak memandang usia dan juga tidak memandang waktu atau kata terlambat. Dengan terbiasa rajin menabung, akan banyak manfaat yang bisa kita rasakan loh.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top