Tips Pramuka

Ingin Menjadi Pembina Yang Baik? Coba Lakukan 4 Tips Ini

menjadi pembina yang baik

Hj. Imas Kuniasih merupakan salah seorang pembina yang baik. Beliau bisa dekat, akrab, dan memahami kebutuhan serta keinginan anggotanya.

by: dokumentasi

Menjadi pembina pramuka adalah hal yang terlihat mudah namun ternyata sulit dilakukan. Menjadi mudah karena pembina hanya mengajarkan ilmu kepramukaan. Namun akan sulit ketika harus menjadi pembina yang baik dan bisa menjadikan anggota pramukanya menjadi lebih baik. Agar bisa menjadi pembina yang baik, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

Menjadi pembina yang baik harus peka terhadap keadaan disekitarnya

Seorang pembina harus mengetahui kebutuhan untuk dirinya sendiri maupun anggotanya. Oleh karena itu, pembina harus peka dan sadar terhadap keadaan disekitarnya. Salah satu caranya yaitu dengan memahami tanggung jawab menjadi pembina itu sendiri.

Memahami tanggung jawab pembina

Banyak pembina yang asal mengajarkan materi kepramukaan kepada anggotanya. Padahal ini adalah hal yang salah, karena seharusnya seorang pembina itu memahami juga tanggung jawabnya sebagai pembina itu seperti apa.

Seorang pembina pramuka memiliki tanggung jawab pada terselenggaranya kepramukaan pada satuan pramuka. Pembina juga harus bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan dengan berlandaskan pada metode kepramukaan dan prinsip dasar kepramukaan.

>  Coba Lakukan Tips Menarik Minat Latihan Anggota Baru Ini

Tanggung jawab yang paling penting seorang pembina adalah mewujudkan anggota menjadi berkepribadian baik, berwatak dan berjiwa pancasila serta anggota masyarakat yang baik. Bertanggung jawab pada Tuhan, masyarakat, lingkungan dan diri sendiri.

Bisa menciptakan kegiatan yang menarik

Hal utama yang harus diperhatikan dalam menciptakan kegiatan yang baik dan menarik adalah menempatkan anggota sebagai subjek bukan objek. Anggota pramuka yang dibina harus lebih banyak melakukan daripada diam.

Oleh karena itu, libatkanlah anggota untuk menciptakan kegiatan yang menarik sesuai keinginan mereka. Sehingga kegiatan menjadi lebih menantang. Jadi, anggota pramuka itu bisa belajar sambil melakukan. Sehingga pembina pramuka pun bisa memberikan materi tanpa kesan menggurui.

Selalu berkomunikasi dan bergaul dengan anggota

Komunikasi sangatlah penting dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Komunikasi yang baik dan bisa bergaul dengan anggota akan menjadi faktor pendukung dalam keberhasilan pendidikan kepramukaan.

>  Biasakan Minum yang Baik, Inilah Waktu-waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Dengan berkomunikasi dan bergaul dengan anggota, pembina akan lebih memahami karakter dan keinginan anggota. Sehingga akan muncul kedekatan antara pembina dengan anggota dan bisa memahami satu sama lain. Oleh karena itu, jika ingin menjadi pembina yang baik, maka lakukanlah komunikasi yang baik dengan anggota.

Melahirkan generasi yang lebih baik

Pembina yang baik akan dikatakan berhasil jika sudah bisa melahirkan anggota yang baik. Sangatlah penting bagi seorang pembina untuk bisa mengajarkan nilai-nilai positif kepada anggota. Hal ini bertujuan agar bisa melahirkan generasi penerus yang lebih baik. Apalagi jika generasi penerus itu bisa lebih baik dari pembinanya.

>  Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkemah di Musim Hujan

Berusahalah untuk menjadi pembina yang baik

Untuk bisa menjadi orang yang baik, maka kita harus berusaha untuk mencapainya. Jika ingin menjadi pembina yang baik tentu harus membina dengan cara yang baik pula. Jangan pernah menyerah dan jadikan kesulitan dalam membina itu sebagai tantangannya.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top