Tips Pramuka

Pramuka Harus Tahu 5 Tips Memimpin Diskusi Ini

tips memimpin diskusi

Seseorang harus mampu memimpin diskusi sehingga bisa berjalan dengan baik.

by: magazine.job-like.com

Sebagai anggota pramuka sudah seharusnya bisa menjadi pemimpin dalam segala hal termasuk memimpin diskusi. Namun masih saja ada yang tidak bisa dan berani untuk memimpin diskusi. Mungkin karena menganggap sulit untuk menjadi pemimpin. Padahal tidak ada yang sulit, karena kamu bisa melakukannya dengan menerapkan tips memimpin diskusi ini.

Cobalah tips memimpin diskusi ini

Seorang pemimpin diskusi harus berani dalam segala hal. Berani berbicara, bertanggung jawab, dan berani menghadapi situasi yang tidak terduga sebelumnya. Untuk mempersiapkan semua itu, berikut adalah tips memimpin diskusi yang harus coba kamu lakukan.

Mempersiapkan diri

Memimpin diskusi akan menjadi sulit jika kita tidak mempersiapkan diri sebelumnya. Lalu apa saja yang harus disiapkan sebelum memimpin diskusi? Kamu harus menguasai bahan diskusi, siapkan pula apa saja yang akan disampaikan saat diskusi. Kalau perlu, kamu juga menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul.

Dengan mempersiapkan diri, kamu akan bisa memimpin diskusi dengan baik. Sehingga diskusi bisa berjalan dan aktif.

Selalu tampil percaya diri

Tampil percaya diri saat memimpin diskusi sangatlah penting. Karena dengan kepercayaan diri yang kamu tonjolkan bisa membuat orang yakin dengan apa yang kamu katakan. Tak hanya itu, rasa percaya diri juga akan menghilangkan rasa gugup saat memimpin diskusi.

Jelaskan apa yang akan didiskusikan

Hal penting yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin diskusi adalah menyampaikan apa yang akan didiskusikan. Mengapa penting? Karena dengan menyampaikan bahan diskusi diawal bisa membuat peserta fokus terhadap proses diskusi. Sehingga bisa tercipta diskusi yang baik dan aktif.

Berikan kesempatan peserta diskusi

Dalam sebuah diskusi, pemimpin tidak bisa hanya berbicara sendirian saja. Untuk menjadi pemimpin diskusi yang baik tentu harus memberikan kesempatan berbicara kepada peserta juga. Ingat tujuan awal diskusi adalah untuk menemukan solusi dari semua peserta diskusi bukan hanya pemimpin diskusi yang berbicara sendirian.

Mengatur jalannya diskusi

Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan yang baik dalam mengatur jalannya diskusi. Karena diskusi itu akan menjadi efektif atau tidak tergantung pada pemimpinnya. Apa saja yang harus diatur dalam berjalannya diskusi? Ada banyak, misalnya mempertahankan agar diskusi tetap kondusif dan efektif, memberikan kesempatan berbicara peserta, meleraikan kegaduhan, dan lain-lain. Intinya, seorang pemimpin diskusi itu harus tegas.

Sampaikan kesimpulan diskusi

Setelah berjalannya proses diskusi, ada hal penting lain yang tidak boleh dilupakan oleh pemimpin diskusi. Yaitu menyampaikan kesimpulan dan hasil yang didapatkan dari proses diskusi. Kesimpulan itu penting, selain untuk mengingatkan peserta juga untuk menghindari perbedaan persepsi tentang hasil diskusi.

Jadilah pemimpin yang bijak

Pemimpin yang bijak adalah orang yang mau mendengarkan perkataan dari anggotanya. Saat memimpin diskusi kamu harus berani dan percaya diri. Tapi bukan berarti harus mengabaikan pendapat orang lain.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top