Kalimantan Timur

Pramuka Tingkatkan Kedisiplinan Siswa

Bontang – SMAN 1 Bontang (Smansa) mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Bertempat di halaman sekolah, perkemahan bertajuk Orientasi Tamu Tegak (OTT) ini dikhususkan untuk siswa kelas 10.

Eros Rosita, Pembina Pramuka Smansa, mengaku kegiatan ini untuk mengenalkan tentang pramuka penegak, setelah sebelumnya di bangku SMP para siswa mengenal pramuka penggalang. Di persami ini, kata Eros akan diajarkan tentang kedisiplinan dan bagaimana melatih kerjasama melalui beberapa kegiatan yang sudah diberikan. “Ketepatan waktu benar-benar dilatih di sini. Makan pun bersama di satu tempat khusus, bukan diberikan masing-masing,” ujarnya.

  Cetak SDM Pramuka Berkarakter

Berbagai kegiatan yang diberikan dalam Persami ini diantaranya lomba yel-yel, pemberian materi kepramukaan, pentas seni, hingga jelajah malam dan baris berbaris. Dalam pentas seni yang diadakan Sabtu malam, setiap kelas memberikan pertunjukan terbaiknya melalui pentas teater, musikalisasi puisi, dan lain-lain. Dengan latar api unggun, menambah kehikmatan dalam pentas seni ini. “Nanti langsung dinilai oleh dewan juri yang juga guru-guru di Smansa,” ujar guru sosiologi ini.

Jika mengikuti pramuka reguler, lanjutnya maka akan tercatat di lembar Syarat Kecakapan Umum (SKU). Sedangkan jika mengikuti pramuka wajib, maka nilainya akan masuk di rapor siswa. Eros berharap siswa yang mengikuti OTT ini dapat mengambil pelajaran dan nilai-nilainya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Kedisiplinan, kekompakan, saling tenggang rasa, dan tolong menolong harus tertanam dalam diri masing-masing melalui pramuka ini,” pungkasnya.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top