Jawa Barat

SMP AL-Hasan Coba Lestarikan dan Kembangkan Budaya Sunda di Sekolah

Bandung – Walau dengan persiapan yang belum maksimal. Siswa-siswi SMP AL–Hasan kelas IX mencoba menampilkan sejumlah kesenian Sunda pada kegiatan Pintonan Drama Sunda dan Kulinery Fest di Kompleks SMP AL – Hasan, Kompleks Bumi Panyileukan Blok N-2 Bandung, Jum’at (16/3/2018).

Kegiatan ini merupakan penilaian ujian praktek untuk siswa kelas IX yang rutin digelar satu tahun sekali menampilkan kolaborasi dari tiga mata pelajaran yakni Seni Budaya, Bahasa Sunda, dan PLH.

“Ada tiga mata pelajaran yang ditampilkan dan dinilai sekaligus seperti contohnya pada drama sunda yang dinilai dari segi bahasa sundanya, seni budaya sundanya dan PLH yakni materi kebudayaannya ,”ujar Wakasek Kesiswaan, Winwin Martini di sela kegiatan.

Kegiatan tersebut merupakan upaya sekolah untuk turut menjaga, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan sunda khususnya di lingkungan sekolah.

“Kami berharap seni budaya sunda ini perlu dipelihara, dilestarikan dan dikembangkan bersama-sama baik pihak sekolah dan masyarakatnya agar tidak mudah terkontaminasi dengan budaya asing,”harapnya.

Sudah lima angkatan lulusan yang dihasilkan SMP AL-Hasan sejak tahun 1996 dan saat ini dengan berkembangnya fasilitas sekolah dari segi akademik sudah bisa mengadakan ujian UNBK secara mandiri.

Kepala SMP Al-Hasan,  Mila Trisna Asih sangat mengapresiasi acara ini dan berharap agar bahasa sunda yang diajarkan bisa lebih dilestarikan sebagai bahasa daerah yang baik diterima dan dapat dikembangkan siswa.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk penilaian akademik saja, tapi dilihat sampai sejauh mana  keterampilan dan sikap mereka dalam berbahasa sunda yang baik dan diharapkan siswa-siswi di sini mampu menampilkan seni budaya sunda yang berbeda tentunya dengan kemasan yang menarik,” ujarnya.

Erlan salah satu siswa dari SMK AL-Hasan yang turut tampil mengisi acara berharap pula agar budaya sunda tetap dilestarikan terutama oleh kaum mudanya.

“ Sebagai orang sunda tentunya wajib untuk melestarikan budaya daerahnya sendiri jangan sampai budaya dari leluhur kita gampang dan mudah dilupakan, apalagi oleh kaum mudanya dan acara ini kami sangat mendukung dan mengapresiasinya,” ucap Erlan.

Sumber : Benny K/ Roni SF/ Scout.id

 

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top