Tips Pramuka

Tahu Gak Sih Manfaat Kritik? Ini Jawabannya

manfaat kritik

Kritik memiliki banyak manfaat salah satunya bisa menjadi bahan renungan untuk memperbaiki diri sendiri maupun orang lain.

by: bernas.id

Kritik merupakan sikap tidak setuju dari apa yang telah dilakukan oleh seseorang. Kritik yang baik adalah kritik yang membangun. Namun terkadang banyak orang yang tidak bisa menerima kritik dan menggap tidak ada manfaatnya. Padahal jika kita memahami isi dari kritikan itu sangat banyak manfaat yang bisa diambil. Lalu apa saja manfaat kritik itu?

Manfaat kritik itu banyak loh

Sebagai manusia, kita harus bisa memberi dan juga menyampaikan kritik itu. Sebenarnya apa manfaat dari kiritik itu? Berikut ulasannya.

Memperbaiki kesalahan dan kekurangan

Sifat manusia memang sangatlah mudah untuk menilai dan mengkritik orang lain. Namun sangat sulit untuk menilai dan mengkritik diri sendiri. Oleh karena itu, jika ada orang yang mengkritik kita, harus diterima diterima dengan baik.

Kritikan itu akan sangat bermanfaat dan membangun diri kita. Dengan mendapatkan kritik, kita bisa memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan oleh kita. Selain itu juga bisa memperbaiki kekurangan yang ada pada diri kita sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Mengubah perilaku menjadi lebih baik

Dengan menerima kritik dari orang lain, tentu kita juga akan mendapatkan solusi. Sehingga kita bisa memperbaiki apa yang salah dalam diri kita. Bahkan sampai melakukan perubahan pada perilaku dan diri kita ke arah yang lebih baik. Mengubah perilaku dengan hal-hal baru yang lebih inovatif dan bermanfaat baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Belajar memahami diri sendiri 

Biasanya seseorang akan belajar memahami dirinya dengan cara merenung. Namun ada cara lain yaitu dengan menerima kritik tentang diri kita dari orang lain. Dengan menerima kritik, berarti belajar untuk memahami diri sendiri.

Kita akan lebih memahami apa yang ingin kita lakukan dan memikirkan pula apa dampak yang akan terjadi untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan memahami diri sendiri, kita akan lebih teliti dalam bertindak.

Selalu ambil hikmat dari kritikan

Menyampaikan kritik bukan berarti kita sudah menjadi orang baik. Melainkan kritik kita tujukan untuk saling mengingatkan dan memperbaiki apa yang salah dalam diri. Terimalah kritik itu baik kritik yang membangun maupun yang menyakitkan. Karena dibalik semua kritik itu pasti ada manfaat dan hikmah yang dapat diambil.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top