Tips Pramuka

Banyak Membuat Alasan, Tanda Tidak Percaya Diri? Ini Jawabannya

tanda tidak percaya diri

Orang yang tidak percaya cenderung menutup diri kepada orang lain. Lebih suka menyendiri dan sulit mengekspresikan dirinya sendiri.

by: vebma.com

Kepercayaan diri seseorang bisa muncul karena kebiasaan baik yang selalu dilakukannya. Begitu pun sebaliknya, kepercayaan diri tidak akan muncul jika selalu berpikir dan melakukan kebiasaan yang buruk. Oleh karena itu, jika ingin percaya diri maka lakukanlah kebiasaan baik dan kenali tanda tidak percaya diri itu apa saja.

Kenapa harus mengetahui tanda tidak percaya diri?

Setiap orang harus bisa menilai dirinya sendiri maupun orang lain. Karena setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun jangan sampai berlarut-larut hidup berdasarkan kekurangan kita. Karena jika kita selalu merasa kurang, itu tandanya tidak percaya diri. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetaui tanda tidak percaya diri untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Selalu membuat banyak alasan untuk menutupi kekurangannya

Siapa saja pasti memiliki kekurangan dan pernah melakukan kesalahan. Tentu saat melakukan kesalahan kita harus bisa menyikapinya dengan bijak. Bukan sebaliknya, saat melakukan kesalahan kita terlalu banyak membela diri. Salah satu caranya yaitu dengan membuat banyak alasan agar terkesan kita tidak melakukan kesalahan.

Jika terlalu banyak membuat alasan, itu semakin menunjukan bahwa anda sudah membuat kesalahan dan itu juga bisa menjadi tanda tidak percaya diri. Kenapa? Karena tidak berani mengakui apa yang sudah dilakukan. Percayalah sebaik atau seburuk apa pun yang sudah dilakukan, maka ungkapkan saja dengan jujur dan bijak sehingga anda bisa lebih terlihat percaya diri.

Suka menyalahkan orang lain

Orang yang tidak percaya diri, cenderung suka menyalahkan orang lain. Mengapa bisa begitu? jawabannya karena orang yang tidak percaya diri itu tidak berani mengakui kesalahannya. Sehingga akan cenderung menyalahkan orang lain. Tanpa sadar bahwa dirinya sendiri sudah membuat kesalahan.

Sering merasa cemas

Hati-hati jika anda terlalu cemas dan memikirkan mengenal hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu dan terlalu memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan. Itu bisa jadi salah satu tanda bahwa anda tidak percaya diri.

Menarik diri dari kehidupan sosial

Kita sebagai manusia diharuskan untuk hidup bersosialisasi dan berinteraksi satu sama lain dengan orang-orang yang ada disekitar. Jika anda termasuk orang yang lebih suka sendiri dan menghindari kehidupan sosial. Itu berarti termasuk orang yang tidak percaya diri.

Tentu akibat menarik diri dari kehidupan sosial ini akan fatal. Karena salah tujuan hidup kita adalah untuk hidup bersosialisasi bukan untuk menyendiri. Selalu ingat bahwa tidak ada orang yang bisa hidup hanya dengan menyendiri.

Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Apa pun yang dilakukan selalu dibanding-bandingkan dengan orang lain. Merasa apa yang dilakukan diri ini masih kurang dan jauh dari kesempurnaan. Selalu merasa bahwa yang dilakukan orang lain lebih baik dari pada kita padahal belum tentu demikian.

Jika anda mengalami hal ini yaitu suka membanding-bandingkan. Itu tandanya anda sudah termasuk orang yang tidak percaya diri. Segera perbaiki sejak saat ini sampai anda bisa menjadi orang yang percaya diri.

Tidak mampu mengekspresikan dirinya sendiri

Orang yang tidak percaya diri cenderung sulit mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkannya. Maka terus berlatihlah agar terbiasa mengekspresikan diri sehingga anda tidak termasuk orang yang tidak percaya diri.

Jangan takut pada diri sendiri atau orang lain

Percayala dirilah terhadap apa yang sudah kita lakukan. Selalu percaya bahwa apa pun yang kita lakukan akan ada nilai yang baik untuk kita maupun orang lain. Jadi jangan pernah takut akan kekurangan kita atau kelebihan orang lain.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top