Tips Pramuka

Tips Cerdas Membina Pramuka Penegak

membina pramuka penegak

Pramuka penegak harus terbiasa latihan dengan cara sharing atau diskusi. Membiasakan diri untuk bisa memimpin diri sendiri dan sesama anggota lainnya.

by: scoutmaros.com

Pramuka penegak adalah kader-kader pembina yang mempunyai tugas untuk membangun Indonesia. Sehingga seorang pembina pramuka penegak akan memiliki tugas yang lebih berat. Jadi cobalah lakukan tips cerdas membina pramuka penegak berikut ini.

Cerdas membina pramuka penegak dengan metode yang berbeda

Membina pramuka penegak tentu berbeda dengan penggalang. Penegak sudah harus mandiri karena sudah dipersiapkan untuk menjadi kader pembina. Oleh karena itu, jangan sampai mengulang metode latihan penggalang.

Jangan mengulang latihan penggalang

Materi latihan pramuka penegak dan penggalang memang tidak jauh berbeda. Yang membedakannya ialah jika pramuka penggalang hanya mempelajari dasarnya sedangkan penegak lebih mendalam.

Namun masih banyak pembina yang memberikan materi kepada penegak secara mendasar saja. Kebiasaan memberikan materi kepada penegak dengan mengulang materi penggalang sehingga terkesan monoton. Seharusnya ini tidaklah boleh terjadi dalam membina penegak.

>  Tips Jitu Membiasakan Anggota Pramuka Shalat Berjamaah di Perkemahan

Cara menyampaikan kepada pramuka penggalang dan penegak tentu akan berbeda. Misalnya saja dalam menyampaikan tentang kompas. Kepada penggalang mungkin bisa saja hanya menyampaikan dasar-dasar tentang kompas saja. Tapi jika untuk penegak harus lebih dari dasarnya saja. Penegak harus bisa memahami kompas dari hal yang sederhana hingga sulit.

Jangan selalu pembina yang menyampaikan

Pramuka penegak harus bisa melakukan latihan dari, oleh, dan untuk penegak. Hal ini karena usia penegak sudah bisa mandiri. Penegak tidak lagi harus menerima materi kepramukaan dari pembina. Pembina tidak perlu menjelaskan seperti halnya saat melatih penggalang.

Apabila pembina yang selalu menyampaikan materi, ini akan membuat penegak merasa bosan dan tidak mandiri. Cobalah untuk memberikan tugas yang berbeda kepada penegak. Untuk menyampaikan materi kepramukaan yang berbeda setiap kali latihan.

>  Temanmu Sulit Menerima Kritik? Begini Cara Menghadapinya

Sehingga akan tumbuh jiwa kepemimpinan dari penegak itu sendiri. Dengan diberikannya tugas untuk menyiapkan materi kepada penegak. Membuat penegak selalu mencari dan mempelajari materi yang akan disampaikan kepada penegak yang lain.

Ciptakan suasana diskusi

Penegak yang sudah diberi tugas oleh pembina harus bisa pula menyampaikan materi kepramukaan kepada penegak yang lain. Tidak hanya menyampaikan, tapi harus bisa pula menciptakan diskusi antar anggota penegak.

Tujuannya agar penegak lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya dan akan lebih mudah pula untuk memahami tentang kepramukaan. Sehingga latihan pun tidak akan terkesan monoton.

Penegak harus dibiasakan untuk selalu mandiri

Pembina penegak tidak harus selalu ikut terjun dalam membina dan mengikuti latihan rutin. Seorang pembina justru harus membiarkan penegak aktif sendiri agar menjadi mandiri dan terbiasa untuk memimpin. Meskipun dibebaskan, pembina harus tetap mengontrol dan memantau sudah sejauh mana perkembangan yang dicapai anggotanya. Tegur jika melakukan hal yang salah dan jangan sampai dibiarkan begitu saja.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top