Tips Pramuka

Tips Jitu Membiasakan Anggota Pramuka Shalat Berjamaah di Perkemahan

pramuka shalat berjamaah

Anggota pramuka harus tetap terbiasa melakukan shalat berjamaah kapan pun dan dimana pun termasuk saat di perkemahan.

by: acehsatu.com

Kegiatan dalam perkemahan sangat beranekaragam, mulai dari kegiatan pramuka sampai religius. Sehingga selalu ada kegiatan untuk shalat berjamaah saat di perkemahan. Namun tak jarang, peserta perkemahan tidak mengikuti shalat berjamaah ini. Oleh karena itu, pembina harus bisa mengajak dan membiasakan pramuka shalat berjamaah. Berikut adalah tips untuk membiasakan pramuka shalat berjamaah di perkemahan.

Biasakan pramuka shalat berjamaah sejak dini

Perlu pembiasaan saat kita ingin rutin melakukan sesuatu temasuk membiasakan untuk shalat berjamaah. Pembiasaan itu tentu harus dimulai sejak dini, karena usia anak-anak itu lebih mudah meniru dan mengingat sesuatu. Oleh karena itu, pramuka harus dibiasakan shalat berjamaah mulai dari usia siaga.

Berikan pemahaman tentang pentingnya shalat berjamaah

Seorang pembina harus bisa memberikan pemahaman tentang pentingnya shalat pramuka. Beritahu bahwa shalat berjamaah itu pahalanya lebih besar pahalanya yaitu 27 derajat dari pada shalat sendiri hanya 1. Dengan diberikan pemahaman, tentu anggota pramuka akan tertarik untuk melakukan shalat berjamaah.

>  Kenapa Harus Berhemat? Karena Inilah Manfaat Besar Dari Berhemat

Pembina harus bisa mengajak

Saat di perkemahan, biasanya sudah ada jadwal yang dibuat dan harus diikuti oleh anggota pramuka. Namun tak jarang, peserta perkemahan melupakan jadwal kegiatan tersebut karena terlalu asik dan santai. Oleh karena itu, pembina tidak boleh bosan untuk mengingatkan jadwal dan mengajak mengikuti kegiatan tersebut.

Misalnya saat waktu shalat berjamaah, maka pembina harus mengajak seluruh anggotanya untuk shalat berjamaah. Jangan sampai ada yang tidak ikut, karena ini akan memberikan contoh yang buruk pada anggota yang lainnya.

Berikan contoh dan jangan hanya mengajak

Mengajak saja untuk shalat berjamaah tentu tidak cukup. Maka seorang pembina harus bisa memberikan contoh yang baik pula. Seorang pembina harus bisa memberikan contoh shalat berjamaah. Misalnya pembina lebih rajin untuk mengikuti shalat berjamaah.

>  Inilah Cara Jitu Membiasakan Hidup Hemat

Sehingga anggotanya pun akan mengikuti karena mungkin timbul rasa malu jika tidak melakukannya. Jadi jangan hanya mengajak, tapi berikan juga contoh baiknya.

Hargailah usaha anggota

Saat pembina sudah memberikan contoh yang baik, maka perhatikan pula perilaku anggotanya. Apakah sudah mengikuti shalat berjamaah dengan baik. Jika belum maka lakukanlah koreksi agar bisa memperbaikinya. Sedangkan jika sudah baik, berikanlah penghargaan kepada anggota.

Jadi untuk membiasakan shalat berjamaah, bisa dengan memberikan penghargaan atau hadiah kepada peserta perkemahan. Biasanya mereka akan semangat untuk shalat berjamaah. Jika sudah terlihat bersemangat, maka berikanlah hadiahnya.

Pemberian hadiah ini hanya sebagai cara untuk menarik anggota agar rajin shalat berjamaah. Sehingga nantinya akan terbiasa, namun jangan sampai niat kita salah. Karena mengikuti shalat berjamaah untuk mendapatkan hadiah melainkan yang seharusnya untuk mendapatkan pahal. Jadi jangan sampai salah niat ya.

>  Inilah 6 Cara Mengeringkan Pakaian Anti Bau Apek Saat Musim Hujan

Belajar secara bertahap hingga akhirnya terbiasa

Untuk membiasakan segala sesuatu tentu harus dilakukan secara bertahap, termasuk membiasakan shalat berjamaah. Jalanilah proses bertahap itu, agar terbiasa untuk shalat berjamaah. Tidak hanya di perkemahan, melainkan juga dikehidupan sehari-hari yaitu shalat berjamaah dimana pun kita berada.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.
Dikelola oleh SAKA KOMINFO

To Top