Tips Pramuka

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Menjaga kesehatan saat musim hujan

Menjaga kesehatan saat hujan sangatlah penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

by: riumandiri.co

Saat musim hujan tiba biasanya bermunculan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan sampai berat. Penyakit tersebut muncul karena adanya perubahan cuaca dari kemarau menjadi hujan. Penyakit juga bisa menyerang tubuh kita karena kondisinya yang sedang tidak fit.

Agar tidak mudah terserang penyakit, kita harus bisa menjaga kesehatan saat musim hujan.

Terapkan pola hidup sehat

Menjaga kesehatan sangatlah penting. Seperti istilah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Maka cegahlah penyakit itu dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Banyak cara untuk menjaga kesehatan seperti menjaga pola makan, berolahraga, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain-lain.

Jagalah pola makan

Menjaga pola makan ternyata bisa membuat tubuh kita tetap sehat. Selalu jaga nutrisi tubuh agar daya tahan tubuh tidak menurun sehingga terhindar dari serangan penyakit. Konsumsi makanan seimbang seperti yang kita tahu yaitu empat sehat lima sempurna. Selain memperhatikan makanannya, kita juga harus makan teratur dan jangan pernah melupakan sarapan.

  Pramuka Tetap Tampil Stylish Saat Musim Hujan, Ini Tipsnya

Jangan lupa olahraga

Manfaat olarhaga tentunya saja untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Jadi meskipun hujan, kita harus tetap berolahraga. Karena olahraga bisa juga dilakukan di dalam ruangan. Dengan berolahraga, daya tahan tubuh akan terjaga dan tetap sehat.

Perbanyak minum air putih

Meskipun hujan, bukan berarti tubuh kita tidak mengeluarkan cairan. Bahkan biasanya orang jarang minum karena merasa tidak haus. Padahal tubuh kita tetap memerlukan cairan. Saat musim hujan pun kita harus banyak minum air putih. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kadar air dalam tubuh.

Menjaga kebersihan lingkungan

Jika lingkungan bersih, tentu akan jauh dari penyakit. Oleh karena itu sangat penting menjaga kebersihan saat hujan. Karena biasanya lebih banyak muncul penyakit. Maka jaga selalu kebersihan lingkungan begitupun dengan kebersihan tubuh kita. Dengan begitu, kita menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit.

  Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkemah di Musim Hujan

Kelola stres

Stres akan mudah muncul saat hujan. Misalnya karena kita harus mengulur waktu bepergian karena cuaca sedang hujan. Dilansir dari healt.liputan6.com, dalam buku Psikologi karya Carole Wade dan Carole Tavris, salah satu cara mengelola stres dengan menenangkan diri dengan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Caranya dengan membiarkan tubuh menerima ransangan apapun baik berupa suara, bau atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.

Hindari tubuh dari air hujan

Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal sepele seperti menghindari tubuh dari air hujan. Padahal sangat mudah untuk menghindari air hujan. Misalnya dengan selalu membawa payung atau jas hujan. Sehingga saat hujan turun, kita sudah siap untuk menghindarinya. Dengan menghindari penyakit tubuh kita akan terhindar juga dari penyakit.

  Musim Hujan, Cobalah 5 Kegiatan Seru Ala Pramuka Ini

Selalu menjaga kesehatan saat musim hujan

Sehat itu sangat mahal. Jadi jagalah selalu kesehatan tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top