Tips Pramuka

Tips Pramuka dalam Menjaga Stamina Tubuh agar Tetap Bugar

bersepeda menjaga kebugaran

Jaga stamina tubuh dengan olahraga, minum yang cukup, perbaiki pola makan, cukup istirahat, dan hindari kejenuhan.

Melakukan aktivitas sehari-hari membutuhkan stamina yang cukup agar dapat melaksanakan aktivitas dengan lancar. Namun sebagai pramuka yang aktif berkegiatan, seringkali kita mengabaikan urusan menjaga stamina ini.

Terkadang kita melakukan aktivitas dengan terus-menerus tanpa memperhatikan stamina kita yang terkuras. Terutama bagi anda yang mempunyai mobilitas yang sangat tinggi dari pagi sampai malam.

Tips menjaga stamina tubuh agar tetap bugar

Olahraga rutin

Banyak praktisi kesehatan dalam hal ini dokter yang mengemukakan bahwa olahraga adalah obat terbaik untuk meningkatkan stamina. Dengan meningkatnya stamina, otomatis tubuh kita mendapatkan kebugaran yang maksimal setiap harinya. Olahraga terutama olahraga yang bersifat aerobik seperti lari, berenang atau bersepeda.

Dengan olahraga-olahraga tersebut dapat meningkatkan fungsi jantung. Meningkatnya fungsi jantung akan membantu kelancaran jumlah pasokan oksigen yang disalurkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian meningkatkan jumlah produktivitas energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Minum air putih yang banyak

Seperti yang kita ketahui sekitar 80% dari tubuh kita ini adalah cairan. Hal itu menunjukkan bahwa kebutuhan akan cairan dalam tubuh kita sangat besar. Jika tubuh kita berada dalam kondisi jurang cairan, maka darah akan mengental.

>  Bisa Berakibat Fatal! Inilah 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berkemah

Darah merupakan sarana transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Jika mengental maka akan terhambat alirannya dan membutuhkan waktu lama untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Kurangya oksigen inilah yang akan memicu terjadinya kelelahan. Maka dari itu kita perlu minum air putih yang banyak sehingga tidak terjadi pengentalan darah. Dengan begitu distribusi oksigen lancar dan stamina kita akan terjaga.

Pola makan sedikit-sedikit tapi sering

Ada anggapan bahwa makan itu yang penting kenyang tidak peduli jenis makanannya apa. Biasanya anggapan ini sering kita jumpai pada mahasiswa atau anak kost. Hal ini adalah merupakan anggapan yang salah. Karena dengan anggapan tersebut, kita akan makan makanan yang mengandung karbohidrat dengan porsi yang banyak sampai terasa kenyang.

>  Biasakan Minum yang Baik, Inilah Waktu-waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Makanan dengan kandungan karbohirat dalam porsi yang banyak ini menyebabkan kadar gula darah meningkat. Hal ini akan mengakibatkan tubuh mengeluarkan insulin dalm jumlah yang lebih banyak pula.

Dengan adanya insulin dalam jumlah banyak membuat terlalu banyak gula darah yang dikirim ke sel otot untuk disimpan. Hal ini dapat memicu terjadinya kelelahan pada tubuh kita. Maka dari itu sebaiknya makan dengan poris yang sedikit saja tapi waktunya yang ditambah. Misalnya dari 3x sehari menjadi 6x sehari.

Sempatkan istirahat

Usahaknlah menyempatkan waktu istirahat dalam aktivitas anda. Walau hanya sebentar hal itu sudah cukup untuk me-refresh diri kita dan memulihkan kembali teanga untuk melanjutkan aktivitas kita.

Bila perlu ubah rutinitas

Rutinitas yang beitu-begitu saja akan membuat kita cepat bosan. Dan ternyata rasa kebosanan ini dapat menjadi faktor yang memicu terjurasnya banyak energi kita secara sia-sia.

>  Mari Terapkan Langkah dan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Menjaga stamina tubuh bertujuan agar tetap bugar dan tidak rentan terkena penyakit. Jika kita mempunyai stamina yang baik, tubuh kita akan dapat menahan serangan penyakit. Dengan demikian kita terhindar dari resiko terkena berbagai macam penyakit.

Paling Sering Dibaca

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top