Tips Pramuka

Biasakan Minum yang Baik, Inilah Waktu-waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Minum membantu metabolisme tubuh

Para ahli kesehatan menyarankan kita untuk meminum air putih sebelum dan sesudah makan malam. Tak hanya demikian, minumlah segelas air sebelum tidur dan akan lebih baik lagi apabila kita mengkonsumsi minuman yang menyegarkan, seperti infused water.

by: Toko Acep

Cukupnya asupan air minum ke tubuh sangat penting. Minumlah di waktu-waktu terbaik minum air putih. Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa kita wajib minum air putih sekurang-kurangnya 1.5 hingga 2,5 liter setiap harinya.

Sempurnakan dengan memilih waktu minum yang terbaik. Ternyata ada waktu-waktu tertentu dimana kita harus bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Berikut adalah waktu-waktu tersebut.

Inilah waktu-waktu terbaik minum air putih

Sesaat setelah bangun tidur, minum air di pagi hari saat perut masih kosong, akan membantu melepaskan semua racun dan memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu semakin banyak minum air, maka akan semakin berkurang pula keinginan kita untuk selalu makan cemilan berlemak dan tidak sehat.

Kita akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat untuk makan bisa berkurang. Sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih. Saluran pencernaan akan bisa berfungsi maksimal dan selain itu juga bisa mengembalikan kondisi tubuh yang kekurangan cairan saat tidur.

  Bangun Tidur Langsung Minum, Ada 12 Manfaat Minum Air setelah Bangun Tidur

Pukul 11 siang

Sebaiknya minum air putih sebelum makan siang. Hal ini berguna agar makanan yang kita konsumsi nantinya bisa dicerna dengan sempurna dan nutrisinya bisa diserap baik oleh saluran pencernaan.

Minumlah air putih sebelum jam makan siang, anda tidak akan merasa terlalu lapar sehingga bisa mencegah konsumsi makanan secara berlebihan.

Pukul 1 siang

Setelah makan siang juga salah satu waktu terbaik untuk minum air putih. Minumlah dua gelas air putih secara bertahap. Jangan sekaligus sebab bisa membuat perut anda tidak nyaman.

Lakukan secara bertahap agar pencernaan bisa berjalan dengan baik, mencegah dehidrasi dan bisa menahan keinginan untuk ngemil.

Pukul 4 sore

Setelah aktivitas yang menguras cairan tubuh, minumlah air sekitar 700 mili liter agar tubuh tetap vit dan tidak mengalami dehidrasi.

Pukul 8 malam

Para ahli kesehatan menyarankan kita untuk meminum air putih sebelum dan sesudah makan malam. Tak hanya demikian, minumlah segelas air sebelum tidur dan akan lebih baik lagi apabila kita mengkonsumsi minuman yang menyegarkan misalnya saja infused water.

  4 Manfaat Banyak Minum Air Putih di Malam Hari dan Saat Sebelum Tidur

Sebelum tidur juga salah satu waktu terbaik untuk minum air putih.

Minum satu gelas air putih saat merasa kelelahan

Setiap fungsi dari tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Oleh karena itu otak membutuhkan banyak air agar bisa bekerja maksimal.

Kekurangan air pada otak ternyata bisa menyebabkan kelelahan dan kabut otak, sehingga bisa kehilangam fokus, daya ingat, sakit kepala, susah tidur, marah, depresi dan masih banyak lagi. Minum banyak air putih ketika sakit bisa membantu memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah waktu-waktu terbaik minum air putih. Ingat ya, sesaat setelah bangun tidur, pukul 11 siang. Minum lagi pada pukul 13.00 dan nanti 16.00. Malam, biasakan minum pukul 20.00. Dalam keadaan badan kurang fit, banyaklah minum dan hanya terpaku pada waktu-waktu terbaik ini.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top