Tips Pramuka

Ternyata 5 Dampak Terlalu Percaya Diri Ini Berbahaya

terlalu percaya diri

Sikap terlalu percaya diri bisa berakibat buruk pada diri sendiri dan juga orang lain.

by: finansialku.com

Segala sesuatu yang kita miliki dan lakukan tidak boleh berlebihan. Begitu pun dengan memiliki rasa percaya diri. Rasa percaya diri itu memang penting dan harus ada dalam diri kita. Tetapi tidak boleh berlebihan dan membuat kita terlalu percaya diri.

Terlalu percaya diri itu berbahaya karena bisa memberikan dampak buruk pada diri kita. Itulah mengapa kita tidak boleh terlalu percaya diri.

Inilah dampak yang akan terjadi jika terlalu percaya diri

Orang yang terlalu percaya diri akan memiliki sikap tertutup, tidak mau mendengarkan orang lain. Sehingga akan membuat dirinya tidak berkembang. Bahkan bisa membuat malu dirinya sendiri.

Membuat diri kita tertutup

Memiliki sikap terlalu percaya diri membuat kita menjadi orang yang tertutup. Tertutup dalam artian tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Hal ini terjadi karena sudah merasa yakin dengan kemampuan diri sendiri.

  Hati-Hati! Beda Tipis, Perbedaan Percaya Diri Dengan Sombong

Padahal belum tentu kemampuan kita itu baik dimata orang lain. Karena hidup tidak hanya memikirikan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Hidup menjadi tidak maju dan berkembang

Karena sudah merasa diri sendiri yang paling baik dan benar. Lalu tidak mau mendengarkan masukan dari orang lain, maka hidupnya menjadi tidak berkembang. Itulah mengapa kita harus mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Karena dalam kritikan atau masukan itu pasti ada manfaat dan hikmah yang bisa diambil.

Rentan melakukan kesalahan

Merasa lebih tahu tentang banyak hal dan yakin akan kemampuan diri sendiri ini berbahaya. Karena bisa membuat kita rentan melakukan kesalahan. Hal ini terjadi karena kita tidak mau mendengarkan orang lain dan merasa diri sudah mampu. Bukannya melakukan sesuatu dan mendapatkan hasil yang baik. Tetapi hasil yang kurang baik.

  Hati-Hati! Beda Tipis, Perbedaan Percaya Diri Dengan Sombong

Tidak mau mengintrospeksi diri

Terlalu yakin akan kemampuan diri sendiri bisa mengakibatkan kita tidak mau mengintrospeksi diri. Padahal bukan kecil kemungkinan kita memiliki kekurangan yang harus kita renungkan dan perbaiki. Begitu pun saat orang mengkritik atau memarahi kita. Maka kita harus bisa mengintrospeksi diri sendiri.

Membuat malu diri sendiri

Melakukan sesuatu yang baik tapi malah membuat malu diri sendiri. Mengapa bisa terjadi? Itu karena terlalu percaya diri. Kita harus mau berdiskusi dengan orang lain dan jangan terlalu yakin dengan diri sendiri. Karena bukan membuat diri menjadi baik, tapi akan memalukan diri sendiri.

Percaya dirilah sewajarnya dan perhatikan lingkungan sekitar

Setiap orang harus memiliki rasa percaya diri. Tapi percaya diri yang sewajarnya. Jangan terlalu berlebihan karena akan berdampak buruk. Perhatikan juga lingkungan sekitar, dengarkan apa yang dikatakan orang lain. Karena percaya diri bukan untuk membuat hidup semaunya sendiri. Tapi untuk membuat kehidupan sosial kita lebih baik.

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2018, Scout.ID.

To Top