Mudik lebaran dengan transportasi umum menjadi  favorit banyak orang, pulang ke kampung halaman. Bus umum, kereta api, pesawat terbang, hingga kapal laut menjadi transportasi pilihan masyarakat Indonesia waktu mudik lebaran.

Para pramuka yang tahun ini mau mudik lebaran ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi umum, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut.

Tips mudik lebaran dengan transportasi umum

Berikut ini adalah tujuh tips mudik lebaran menggunakan transportasi umum yang aman dan nyaman:

1. Mengatur jadwal keberangkatan

Tips mudik lebaran agar pramuka yang mudik tetap aman dan nyaman adalah dengan mengatur jadwal keberangkatan. Pemudik bisa membagi waktu dan tidak ketinggalan moda transportasi umum yang digunakan.

2. Membeli tiket secara online

Agar mudik lebaran berjalan dengan aman dan nyaman, belilah tiket secara online pada agen resmi. Membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Momen mudik lebaran bisa dipastikan transportasi umum masih diminati banyak orang. Anda juga harus memastikan membeli tiket dari agen resmi.

Pramuka yang akan mudaik bisa membeli tiket secara online melalui website atau aplikasi mobile.

Baca  Cukupi Cairan Tubuh, Hindari Dehidrasi Saat Mudik Lebaran

3. Jangan membawa barang terlalu banyak

Membawa barang bawaan terlalu banyak saat mudik lebaran dengan transportasi umum justru akan membuat Anda kesulitan. Karena kapasitas bagasi pada transportasi umum biasanya terbatas.

Sebagai solusinya, pemudik bisa membawa barang bawaan yang memang benar-benar diperlukan.

Jangan lupa memberi kunci dan gembok pada koper atau tas yang dipakai agar terhindari dari aksi kejahatan. Barang yang benar-benar penting bisa dimasukkannya ke dalam tas kecil yang bisa dibawa selama perjalanan.

Kalau pun harus membawa barang terlalu banyak, coba gunakan jasa kurir untuk memudahkan perjalanan.

4. Berpakaian yang nyaman dan sopan

Perjalanan mudik lebaran dengan transportasi umum tentu melelahkan dan sering tidak bisa diprediksi secara tepat. karenanya, pakaian sangat penting supaya kamu bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan. Jangan berpakaian terlalu tipis atau terlalu tebal karena akan sangat menganggu.

Selain itu jangan mengenakan pakaian yang terlalu seksi agar terhindar dari pelecehan seksual.

Siapkan baju ganti untuk antisipasi, terutama untuk wanita yang akan berpergian entah sendiri atau bersama keluarga. Hindari pemakaian perhiasan selama perjalanan mudik agar terhindar dari kejahatan.

5. Jangan lupakan obat-obatan pribadi

Membawa obat-obatan pribadi agar mudik berjalan aman dan nyaman. Bisa saja awal berangkat kondisi Anda baik-baik saja tetapi saat dalam perjalanan mendadak sakit. Atau, mungkin juga Anda adalah orang yang suka mabuk darat. Maka itulah pentingnya  membawa obat-obatan di dalam tas kecil saat mudik lebaran dengan transportasi umum.

Bawalah obat-obatan penting seperti obat masuk angin, obat sakit kepala, dan pegal-pegal untuk antisipasi. Sediakan beberapa pelastik untuk menampung muntah, tidak hanya untuk Anda. Anda sebagai pramuka juga harus siaga bersiap membantu orang lain yang mabok jalanan dan muntah.

6. Tolak baik-baik pemberian dari orang yang tidak dikenal

Ada baiknya tetap harus berhati-hati.  Tolak secara baik-baik pemberian dari orang yang tidak dikenal. Bukan berarti berburuk sangka, tetapi waspada itu perlu karena aksi pembiusan dengan modus menawarkan makanan atau minuman kerap terjadi.

Bawalah selalu makanan dan minuman sendiri selama perjalanan. Jika ada yang berusaha menawarkan makanan atau minuman, maka tolaklah secara halus. Pramuka juga wajib waspada akan aksi hipnotis yang sudah sering terjadi.

7. Membawa uang tunai secukupnya

Jangan pernah membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika pramuka melakukan perjalanan mudik lebaran.

Jika pun Anda terpaksa membawa uang tunai untuk angpao kerabat di kampung, pastikan menyimpannya dengan rapi dalam tas dengan tingkat keamanan ekstra.

Berbahagialah, siapkan mudik lebaranmu dengan baik

Mudik lebaran dengan transportasi umum memang menyenangkan. Suasana hati bahagia membuat Anda tergiur membawa banyak barang untuk berbagi di kampung halaman.

Siapkan mudik lebaran dengan transportasi umum dengan menjadwalkan jauh hari. Beli tiket secara online ke agen resmi. Jangan lupakan obat-obatan pribadi, berpakaian sopan dan nyaman, dan hindari membawa barang terlalu banyak. Pramuka tetap waspada, bawa uang tunai secukupnya, hindari menerima pemberian orang yang tidak dikenal.