delivery goodnews

Musim Hujan, Cobalah 5 Kegiatan Seru Ala Pramuka Ini

Musim hujan bisa menghambat kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari diluar ruangan. Apalagi kegiatan pramuka yang lebih seru dilakukan di luar ruangan. Tapi sebenarnya ada aktivitas musim hujan yang seru bisa dilakukan di dalam ruangan.

Kamu bisa mencoba kegiatan pramuka yang baru dan tidak itu-itu saja sehingga membuat jenuh dan bosan. Terutama saat kegiatan itu tidak bisa dilakukan di musim hujan.

Apa saja aktivitas musim hujan?

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu coba saat hujan seperti melakukan pencegahan penyakit dan bencana, menonton film bersama, sharing, mencoba D.I.Y, dan memasak.

Melakukan pencegahan penyakit dan bencana

Biasanya saat musim hujan tiba selalu muncul berbagai penyakit seperti demam berdarah, diare, gangguan kulit, dan lain-lain. Tak hanya muncul penyakit tapi juga bencana seperti longsor dan banjir. Anggota pramuka tentu harus bisa menghindari penyakit dan bencana tersebut.

Oleh karena itu, saat musim hujan tiba harus melakukan kegiatan ekstra bersih untuk mencegah penyakit dan bencana tersebut. Anggota pramuka bisa melakukan kegiatan bersih-bersih di dalam dan di luar ruangan agar terhindar dari penyakit dan banjir.

Tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menebang pohon juga bisa dilakukan untuk menghindari penyakit dan bencana yang biasa muncul saat musim hujan. Yuk mulailah pelihara dan sayangi lingkungan kita.

Nobar film

Nobar alias nonton bareng termasuk dalam salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat musim hujan. Anggota pramuka juga harus tahu film-film terupdate yang bagus dan bisa diambil nilai-nilai positifnya.

Kamu bisa menonton film bersama anggota pramuka yang lain. Misalnya menonton film tentang perjuangan, komedi, atau tentang pramuka. Dengan menonton film, kamu bisa mendapatkan wawasan baru dan mengganti kegiatan yang tidak bisa dilakukan diluar ruangan.

Sharing

Saling berbagi atau biasa dikenal dengan sharing menjadi kegiatan yang seru dilakukan. Kamu bisa berbagi pengalaman dengan siapa saja. Sharing memang biasa dilakukan oleh anggota pramuka. Tapi kamu bisa mengganti topik sharingnya.

Tidak harus selalu sharing tentang pengalaman hidup. Tapi kamu juga bisa mencoba sharing tentang buku yang pernah kamu baca atau sharing tentang isi film yang pernah kamu tonton sebelumnya bersama temanmu.

Mencoba D.I.Y

Do it Yourself atau biasa kamu kenal D.I.Y ini merupakan kegiatan seru yang bisa dicoba saat musim hujan. Pramuka dituntut untuk selalu kreatif, oleh karena itu dengan mencoba D.I.Y, kamu bisa mengasah keterampilan kamu.

Kamu bisa membuat barang-barang dengan inovasi baru sehingga menjadi sebuah karya yang unik dan memiliki nilai jual. Mencoba D.I.Y bisa mengasah kreativitas kamu dan tentunya akan memiliki kebanggaan tersendiri saat hasil karyamu selesai.

Memasak resep baru

Memasak ternyata kegiatan seru, aktivitas musim hujan yang bisa menyenangkan. Anggota pramuka harus bisa memasak, oleh karena itu memasak seharusnya sudah menjadi kegiatan rutin dilakukan. Daripada bosan dan kesal menunggu hujan, lebih baik mencoba memasak dengan resep baru. Biasanya saat hujan, banyak ide yang muncul. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba resep baru.

Lakukan kegiatan apa saja yang positif

Selama kegiatan itu positif, tentunya bisa kamu lakukan. Cuaca tentunya tidak bisa dijadikan alasan untuk kamu berhenti berkegiatan dan bermalas-malasan. Cobalah aktivitas musim hujan yang seru dan menyenangkan.

Coba kegiatan yang seru. Ternyata banyak kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat musim hujan.

you're currently offline