Bandung – Mengenal politik sejak usia dini sangatlah penting di mana kita di ajarkan lebih memahami suatu kekuasaan dan bisa bertanggung jawab akan apa yang kita kuasai. Namun disayangkan saat ini dunia politik khususnya di Indonesia sudah mulai kehilangan kepercayaan dari masyarakat, khususnya anak muda.

“Jika kita kembalikan waktu ke masa lalu, kita harus mengingat  para pemuda-lah yang dahulu aktif berperan dalam memerdekakan Indonesia. Karena itu, saat ini sebagai anak muda harus lebih mengenal apa itu politik sendiri,”ujar Dosen Ilmu Komunikasi Politik UPI, Karim Suryadi, pada acara Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda, di Atlantik City Hotel, Jl. Pasirkaliki Bandung, Kamis (4/7/2019).

Menurut Karim, Politik secara garis besar merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara, jadi anak muda jangan takut belajar tentang politik.

Baca  KML Kwarcab Kota Bandung 2018: Tingkatkan Kemampuan Pembina Sesuai Perkembangan Zaman

“Remaja atau generasi muda bisa lebih mengerti dan mengenal politik di negara kita sendiri sejak usia dini, kita juga tahu politik di negara kita Indonesia sekarang ini masih di dominasi persaingan antara partai partai politik yang saling mencari keuntungan maju ke posisi depan suatu kekuasaan,”jelasnya.

Kegiatan yang digelar Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Bandung tersebut di buka langsung Kepala Bakesbangpol Kota Bandung dan diikuti para anggota Pramuka, PMR, Paskibra, dan Fokus se-Kota Bandung.

Pendidikan Politik sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan masyarakat atau generasi muda Indonesia secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kemampuan yang berkenaan dengan pengaturan hidup suatu masyarakat secara keseluruhan.

Baca  Lomba Puisi Guru Hari Guru Nasional Tingkat Kota Bandung 2017

“Dengan mengikuti organisasi seperti kepramukaan dan lain sebagainya, remaja bisa mendapatkan pandangan berbeda mengenai politik. Dengan menanamkan perspektif baru dalam dunia politik, maka kaum muda bisa menuangkan seluruh aspirasinya kedalam lembaga tersebut, demi membangun satu tujuan bersama,” lanjut Karim.

Menurut Yaya Sunarya dari Bakesbangpol Jabar, salah satu cara paling ampuh dalam membuka pandangan dunia politik bagi anak muda dengan melalui media sosial.

“Media sosial merupakan sebuah tempat yang bisa digunakan dengan mudah bagi siapapun untuk mencari informasi atau apapun yang kita inginkan. Tetapi bisa juga menjadi sebuah wadah bagi anak muda untuk mencari tahu masalah politik apa saja yang dialami oleh negara tercinta kita,” ucap Yaya.

Baca  Ridwan Kamil: Pramuka Kota Bandung Harus Jadi Pelopor Perubahan

Melihat dan merasakan kondisi politik di tanah air saat ini, membuat setiap warga negara Indonesia harus peduli dan melek politik.

“Oleh karena itu, anak muda sudah mulai di berikan pendidikan sejak dini agar mau mengerjakan sesuatu tidak hanya dari hasilnya saja, tetapi proseslah yang di utamakan yang di mana dalam politik adalah kepentingan bersama,” harap Yaya.

Sumber : Benny K/ Roni SF/ Scout.ID/BSN