delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Ayo! Rebut Piala Ka Kwarnas, Ikuti Lomba Video Pramuka

Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan Lomba Video Pramuka Piala Ketua Kwarnas. Lomba ini digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan pada 10 Nopember 2019. Lomba bersifat terbuka untuk anggota gerakan pramuka sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ini merupakan salah satu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, sangat dibutuhkan kreativitas dalam pembuatannya.

Tema : “Aku Pahlawan Masa Kini”

Melalui tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia mewakili semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Menjadi “Pahlawan Masa Kini” juga berarti setiap masyarakat Indonesia dapat dan mau menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Menjadi “Pahlawan Masa Kini” diwujudkan dengan berlomba-lomba menunjukkan prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara, yang dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal dan sebagainya.

Syarat dan ketentuan lomba

Berikut ini adalah persyaratan untuk mengikuti lomba:

Peserta adalah anggota gerakan pramuka

Apabila karyanya masuk nominasi, harus dapat menunjukkan Kartu Tanda Anggota atau surat pengantar dari ketua gudep masing-masing. Jika tidak bisa menunjukkan bukti, maka otomatis akan didiskualifikasi.

Video merupakan karya sendiri

Proses pengerjaan video harus dilakukan sendiri, dari awal pengerjaan sampai video selesai dibuat.

Video harus sesuai dengan tema

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tema lomba yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”. Untuk lebih lengkapnya, dapat dibaca dan dipahami terlebih dahulu dalam penjelasan tema.

Video dilarang mengandung unsur sara

Video diharuskan tidak boleh mengandung unsur yang memecah-belah suku, agama, ras, antargolongan (SARA) dan pornografi.

Durasi 15 – 60 detik

Video merupakan video pendek minimal 15 detik dan maksimal 60 detik.

Sudah ada persetujuan tokoh/pemeran

Para tokoh/pemeran dalam video sudah menyetujui bahwa akan diikutsertakan dalam lomba. Sehingga, tidak akan ada permasalahan yang tidak diinginkan.

Pengunggahan Video

Video diunggah ke akun instagram masing-masing dengan men-tag akun instagram Kwartir Nasional Gerakan Pramuka @gerakanpramuka dan akun instagram Kementrian Sosial RI @kemensosri.

Video yang diunggah di akun instagram harus menuliskan tagar (hashtag) #akupahlawanmasakini #kwartirnasional #pramukaindonesia #kementriansosial. Pengunggahan video dilakukan selambat-lambatnya tanggal 11 Nopember 2019 pukul 24.00 WIB.

Kategori Lomba

Lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu Golongan A dan Golongan B. Untuk Golongan A, peserta berusia 7 – 15 tahun. Sedangkan untuk Golongan B, peserta berusia 16 – 25 tahun dan anggota dewasa

Hadiah yang diperebutkan

Hadiah untuk Golongan A, Juara I mendapatkan Piala Kakwarnas, piagam, dan uang tunai Rp 2.500.000. Juara II mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 2.000.000. Juara III mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 1.500.000.

Sedangkan untuk Golongan B, Juara I mendapatkan Piala Kakwarnas, piagam, dan uang tunai Rp 3.000.000. Juara II mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 2.500.000. Juara III mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 2.000.000.

Jangan sampai dilewatkan

Lomba ini merupakan ajang resmi yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. peserta didik dan seluruh anggota pramuka yang ingin menunjukkan kreativitas dalam pembuatan video, sangat dianjurkan untuk ikut berpartisifasi.

Karya yang dipelombakan, harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.