JAKARTA – Sejumlah anggota Pramuka Jakarta Barat melakukan aksi Bakti lebaran 2019 dengan membantu aktivitas calon penumpang di Terminal Bus Antarkota Kalideres, Selasa (4/7/2019)

Diberitakan Antara, tim yang berisikan 20 orang ini bertugas untuk membantu sejumlah aktivitas di terminal, seperti mengatur lalu-lintas, parkir, mengarahkan penumpang ke loket dan fasilitas lain, hingga membawakan barang bawaan calon penumpang ke bus.

Bantuan ini sifatnya sukarela

“Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan ini sifatnya sukarela, datang dari keinginan kami sendiri,” ujar Marco, salah satu anggota Pramuka Saka Bhayangkara itu pula.

Baca  BPOM Ajak Sadar Pangan, Pramuka Bisa Laporkan Makanan Tak Layak Konsumsi

Selain itu, Halimah, siswi SKM yang duduk di kelas 11 ini menambahkan bahwa apa yang mereka lakukan merupakan implementasi dari slogan “Ikhlas bhakti bina bangsa”, yang berarti melakukan sesuatu dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Berkegiatan, berbakti dan tetap bergembira

Siswa lainnya, Fajar, mengaku ia dan kawan-kawannya senang dan menikmati kegiatannya selama seminggu terakhir.

Baca  Pramuka Latihan Penyelamatan di Laut

“Beneran sukarela kami ke sini, tapi rasanya senang bisa membantu dan berguna bagi orang lain,” kata dia lagi.

Siswa-siswi SMK yang tergabung di Saka Bhayangkara ini akan mengakhiri tugasnya di Terminal Kalideres malam nanti. Mereka semua berharap akan dapat kembali turun tangan di momen mudik tahun depan, sebelum tahun terakhir mereka di bangku sekolah menengah usai.