Barang-barang di kamar hotel ada yang boleh dan ada yang tidak boleh dibawa pulang. Sebagai fasilitas yang menambah kenyamanan, biasanya hotel yang baik menyediakan sabun mandi, sikat dan pasta gigi.

Hotel berbintang selayaknya menyediakan pemanas air, lemari pendingin makanan, ada juga save deposit box. TV kabel yang dilengkapi remote, air conditioner atau AC tentu saja menjadi bagian fasilitas yang melengkapi kemewahan.

Barang-barang di kamar hotel yang boleh dibawa

Sobat Pramuka, ada beberapa barang di kamar hotel yang boleh dibawa. Bahkan sobat pramuka boleh meminta barang terntentu untuk dibawa pulang ke rumah sebagai kenang-kenangan.

1. Sabun mandi, shampoo, serta sikat dan pasta gigi

Barang-barang ini tentu boleh dibawa pulang ke rumah. Bahkan, kalau mau, Sobat boleh meminta satu paket lagi untuk dibawa sebagai kenang-kenangan. Ya, setidaknya ada tanda kalau kamu pernah menginap di hotel.

Toileteris berupa sabun mandi, shampoo, sikat gigi dan pasta gigi harusnya ada di setiap hotel. Jaman sekarang, kalau barang-barang itu tidak ada, hampir bisa dipastikan bahwa hotelnya kurang berkelas.

2. Sandal hotel

Sandal hotel juga bisa dibawa. Lumayan, sandal ringan bisa dipakai di rumah dan membuat kita senang menandakan pernah menginap di hotel yang logonya nempel di bagian luarnya.

Baca  Pramuka Pangkep Pamerkan 35 Kue Tradisional yang Hampir Punah

Kalau kamu tidak malu, minta lagi saja ke room boy. Dia pasti mengambilkannya untuk kamu. Kecuali hotel-hotel kecil yang kurang bonafid.

3. Razor atau pisau cukur

Tidak semua hotel menyediakan pisau cukur. Razor atau pisau cukur yang disediakan hotel boleh dibawa. Tidak mungkin juga diberikan kepada orang lain kalau telah kamu gunakan kan?!

Ada juga hotel yang menyediakan mesin pencukur jenggot. Nah.., itu jangan dibawa.

Barang ini didesain untuk sekali pakai langsung buang buang. Tapi untuk kamu suka koleksi, bawa aja ke rumah. Jangan lupa dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman di rumah.

4. Tisu dan cotton buds

Tisu-tisu di kamar mandi dan meja santai dalam kamar hotel boleh saja di bawa. Cotton buds yang dikemas berisi 2-5 stik juga boleh dibawa. Kadang ada juga hotel yang meneyediakan dengan gunting kuku. Bawa saja.

5. Tas plastik laundry

Tas plastik laundry biasanya disediakan hotel berbintang. Adanya di lemari atau berdekatan dengan laundry box pas pintu masuk kamar hotel. Biasanya, satu tempat dengan hanger. Plastik laundry boleh dibawa. Tapi hanger tidak boleh.

Baca  Hari Ibu, Pramuka Gelar Aksi Basuh Kaki Ibu secara Massal di Cibubur

6. Air mineral, gula krimer, teh, dan kopi saset

Hotel yang bagus juga menyediakan beberapa saset gula, teh, krimer, dan kopi. Minimal ada air mineral di kamar. Kalau pun tidak air mineral di kamar, biasanya hotel menyediakan dispenser di luar kamar. Air mineral, gula krimer, teh, dan kopi saset boleh dibawa ke rumah. Lumayan, buat oleh oleh.

Eitts..! Tapi ingat teko pemanas air atau dispenser tidak boleh dibawa ya..

Cek kertas lembar tagihan jika tesedia makanan yang ditata rapi di meja dalam kamar hotel. Itu item dijual. Nah, makanan-makanan itu tidak boleh dibawa. Kecuali kamu mau membayarnya.

7. Blocknote dan pensil

Alat tulis, blocknote dan disediakan dalam kamar hotel untuk menulis pesan atau permintaan untuk room boy. Tapi sering kali, orang yang menginap di hotel malah membawanya ke rumah. Tidak apa-apa, buku kecil dan pensilnya dibawa, oleh oleh untuk yang punya adik di rumah.

8. Brosur, koran, dan majalah

Tidak semua majalah boleh dibawa pulang. Koran kebanyakan boleh dibawa. Brosur harusnya boleh dibawa. Tapi untuk baran-barang ini sebaiknya ditanya saja via telpon ekstensi yang ada di kamar hotel. Karena ada beberapa hotel yang tidak membolehkan barang-barang itu dibawa pelanggannya.

Baca  7 Akibat Tidak Percaya Diri Ini Mempengaruhi Kualitas Hidupmu

Jangan membawa pulang barang ini dari kamar hotel

Handuk sering kali terbawa dan meyebabkan masalah saat check out. Hanger, seterika, hair dryer, bantal (termasuk bantal kecil), disediakan oleh hotel juga tidak untuk dibawa pulang oleh pelanggan. Ada gelas di kamar mandi, itu tidak boleh dibawa. Remote AC atau AC jangan sampai terbawa sekali pun tidak sengaja. Terkadang kartu kunci hotel terbawa juga, lupa menyimpannya dan mengakibatkan denda saat check out.

Malu dong.., masa ada anak pramuka atau kakak pembina membawa barang hotel?! Cermatlah terhadap barang milik sendiri dan ban berhati-hatilah membawa barang-barang kecil yang bukan milik kita.