delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Proses Masuk Kuliah IPB melalui Jalur Prestasi Pramuka

Kwarda Jawa Barat bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka jalur seleksi masuk kuliah di kampus pertanian itu dengan jalur prestasi kepramukaan. Banyaknya peminat di kalangan penegak membuat Kwarda Jawa Barat dan IPB harus lebih cermat dengan proses seleksi.

Prestasi kepramukaan menjadi lebih bergengsi dengan adanya kesepakatan Pramuka Jabar dan IBP ini. Terdengar tanpa tes, namun terbatasnya kuota membuat jalur prestasi kepramukaan ini menjadi rebutan.

Calon mahasiswa yang hendak masuk kuliah ke IPB dengan prestasi kepramukaan perlu membaca persyaratan pendaftaran penerimaan jalur prestasi pramuka.

Kualifikasi calon mahasiswa

Calon mahasiswa adalah lulusan SMA/MA pada peminatan MIPA dan SMK pertanian/kehutanan yang aktif sebagai anggota gerakan pramuka setidaknya dewan ambalan seperti ketua dewan ambalan atau pradana, sekretaris ambalan (kerani), hartaka atau juru uang (bendahara), atau sebagai pemangku/juru adat.

Dewan kerja dari tingkat ranting (DKR), cabang (DKC), daerah (DKD), dan nasional (DKN) juga menjadi prioritas. Peluang jalur prestasi pramuka ini terbuka bagi anggota pramuka di Jawa Barat.

Lulusan SMA/MA dan SMK yang dimaksudkan merupakan lulusan 2020 yang memiliki nilai rata-rata minimal 80 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi selama 5 semester.

Penyerahan berkas dan verifikasi

Yang hendak mendaftar kuliah ke IPB melalui jalur prestasi kepramukaan menyerahkan dokumen atau berkas pendaftaran ke sekretariat Kwarda Jawa Barat di Bumi Kitri, Jalan Cikutra No. 276A Bandung.

Dokumen atau berkas yang masuk dan diterima oleh Kwarda Jawa Barat akan diverifikasi dan diseleksi sebelum diterbitkan rekomendasi.

Hasil seleksi dan verifikasi dokumen/berkas calon mahasiswa masuk IPB jalur prestasi kepramukaan akan diumumkan dan diinformasikan secara langsung kepada calon mahasiswa yang mendaftar.

Kwarda Jabar dan IPB telah menyapakati kerjasama strategis dalam pembinaan generasi muda. IPB memilih Pramuka Jawa Barat sebagai mitra untuk pelaksanaan salah satu tridarma perguruan tinggi.

IPB pun menentukan standar minimal bagi kalangan pramuka berprestasi sebagai salah satu bentuk prestasi internasional dan nasional.

you're currently offline