Memberikan kritik kepada orang lain bukanlah untuk menjatuhkan atau membuatnya malu. Melainkan untuk membuat orang itu menjadi lebih baik. Oleh karena itu, menyampaikan kritik harus dengan cara yang baik dan membangun. Inilah caranya untuk memberikan kritik yang membangun.

Lakukan ini untuk memberikan kritik yang membangun

Sebelum menyampaikan kritik, pikirkan dulu apakah kritik yang kita berikan membangun atau tidak. Oleh karena itu, cobalah lakukan ini untuk memberikan kritik yang membangun.

Sampaikan kritik secara pribadi

Mengkritik berarti membicarakan tentang kekurangan dan kesalahan orang lain. Oleh karena itu, cara menyampaikan kritik harus secara pribadi. Jangan pernah menyampaikan kritik di depan umum karena itu akan membuat orang yang mendapatkan kritik merasa malu dan tersinggung. Jadi sampaikan kritik secara personal pribadi untuk menghindari hal tersebut.

Kritik tindakannya bukan orangnya sesuai fakta

Cara yang kedua ini sering dilupakan oleh orang yang akan memberikan kritik. Kritiklah secara objektif bukan subjektif. Yang harus kita kritik adalah tindakan atau prilakunya bukan orangnya. Selain itu, mengkritik juga harus sesuai dengan fakta yang terjadi. Jangan sampai terlalu melebih-lebihkan kritikan yang akan disampaikan. Karena nantinya malah memberikan kritik yang tidak baik dan tidak membangun.

Berikan pujian dalam kritikan

Memberikan pujian bisa dilakukan sebelum atau sesudah memberikan kritikan. Tujuan pujian ini diberikan agar orang yang diberi kritik tidak merasa tersinggung dan malu. Kita juga bisa memberikan semangat untuk melakukan perubahan yang lebih baik kedepannya. Dengan memberikan pujian dalam kritikan juga akan memudahkan orang yang sedang dikritik untuk menerima dan merespon kritikannya.

Berikan solusi

Jangan sampai lupa untuk memberikan solusi saat sudah selesai menyampaikan kritik. Berikan solusi sesuai dengan masalah yang sedang terjadi. Hal ini akan membuat orang menerima kritik menjadi lebih baik dan memiliki keinginan untuk berubah. Tak ada salahnya bukan jika belajar untuk membantu orang menjadi lebih baik.

Berikan kesempatan bicara

Kritik tidak akan bisa diterima dengan baik jika hanya disampaikan. Melainkan kritik juga harus direspon. Itu baru bisa dikatakan dengan komunikasi yang efektif yaitu terjadi komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah saling melakukan timbal balik. Dengan memberikan kesempatan bicara kepada orang yang sedang dikritik adalah cara mengkritik yang baik dan membangun.

Berhati-hatilah saat memberikan kritik

Memberikan kritik bertujuan untuk sama-sama melakukan perbaikan diri dan orang disekeliling kita. Mulai saat ini belajarlah untuk mengkritik dengan cara yang baik dan berikan kritik yang membangun. Serta berhati-hatilah terhadap apa yang kita ucapkan.