delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Cara yang Benar Menjadi Anggota Gerakan Pramuka di Indonesia

Gerakan Pramuka semakin diminati kaum muda dan orang dewasa. Berbagai kementerian sudah mulai membuat program-program yang nyerempet berkaitan dengan pramuka.

Di sekolah pun, ektrakurikuler pramuka mulai tumbuh kembali sebagai kegiatan wajib pilihan bersama paskibra dan palang merah.  Meski sayangnya, masih ada gugusdepan yang malah menerapkan penghimpunan anggota dengan cara yang tidak seharusnya.

Cara menjadi anggota Gerakan Pramuka

Setiap warga negara Indonesia berhak menjadi anggota Gerakan Pramuka sesuai Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Ada cara yang benar menjadi anggota pramuka, berikut cara dan tahapannya.

Perhatikan usia dan kewarganegaraan

Usia bagian penting bagi setiap pramuka. Pilihannya, menjadi  anggota muda atau anggota dewasa. Usia 7-25 tahun bisa bergabung menjadi anggota muda. Sedangkan yang di atas 26 tahun dipastikan hanya boleh menjadi anggota dewasa.

Perhatikan usia dan status warga negara Indonesia (WNI). Anak Indonesia 7-10 tahun bersiap gabung ke satuan siaga. Umur 11-15 bisa bergabung ke golongan penggalang. Usia 16-20 tahun ke golongan penegak. Dan umur 21 -25 tahun masuk ke pandega.

Anak-anak di bawah usia 7 tahun bisa bergabung ke dalam kelompok pramuka prasiaga.

Pengelompokan berdasarkan usia ini terkesan kacau. Karena mayoritas gugusdepan berbasis di sekolah. Sering kali ditemui 14 tahun yang usianya penggalang sudah masuk SMA yang hanya memiliki satuan penegak.

Yang sudah menikah meski usianya belum 26 tahun, mereka langsung bergabung menjadi anggota dewasa. Misalnya, Joko usinya 19 tahun sudah menikah dengan Susi yang berusia 18 tahun. Maka keduanya boleh menjadi anggota dewasa.

Ingat! Warga negara asing (WNA) hanya boleh bergabung dengan organisasi sesuai pramuka di negaranya. WNA tidak boleh bergabung dengan gerakan pramuka. Semoga ada kesempatan untuk khusus membahas hal ini.

Mendaftar ke gugusdepan (gudep)

Ada gugusdepan lengkap dan gugusdepan tidak lengkap. Gudep yang basisnya di sekolah kebanyakan tidak lengkap. Ada beberapa SD yang berusaha menjadi lengkap yang memaksa menambah satuan penegak, namun biasanya malah tidak terbetuk ambalan penegak yang ideal.

Jika mau serius ber-pramuka, sebaiknya pilih bergabung dengan gudep lengkap. Tapi gudep lengkap jarang ditemukan. Biasanya, gudep lengkap ditemukan dikelola yayasan atau badan hukum di luar sekolah.

Kalau pun di sekolah, gudep lengkap biasanya dinaungi oleh yayasan yang mengelola semua satuan pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi. Tapi jarang sekali ada yayasan yang secara serius mengelola gudep pramuka sesuai yang dikehedaki SK Kwarnas nomor 231 tahun 2007 tentang Gugusdepan Gerakan Pramuka.

Pilih gudep sesuai yang diinginkan, kemudahan akses untuk latihan, atau faktor lain yang Anda sukai. Kemudian, mintalah formulir pendaftaran dan isi lengkap pernyataan siap aktif sebagai anggota pramuka di gugusdepan.

WNI di luar negeri bisa bergabung ke gugusdepan yang ada di KBRI.

Berinisiatif membayar iuran

Iuran gugusdepan sering diabaikan. Bahkan sudah banyak yang melupakan tradisi membayar iuran. Ada yang lebih parah lagi, iuran gudep dianggap pungli dan dipidanakan.

Iuran gugusdepan merupakan bukti kesukarelaan anggota pramuka kepada satuannya. Gugusdepan yang menerapkan iuran dilindungi oleh negara yang tercantum Pasal 43 Ayat (1) UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Sayangnya, banyak pengelola gugusdepan, di sekolah, yang takut dipidanakan karena menarik iuran. Bisa jadi, pengurus gudep dan kepala sekolahnya tidak membaca Undang-Undang Gerakan Pramuka.

Alhasil, iuran anggota gudep yang seharusnya jadi alat pendidikan, kini malah terabaikan.

Pelajari Undang-Undang dan AD/ART

Indonesia telah memiliki Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Undang-Undang Gerakan Pramuka terdiri dari 9 bab dan 49 pasal ditandatangai oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada 24 November 2010, kepeminpin Kwartir Nasional Kak Azrul Azwar.

Selain Undang-undang, ada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Biasanya, yang sudah membaca Undang-undang dan AD/ART cukup pengetahuan dan informasi awal tentang kepramukaan di Indonesia.

AD/ART memberi petunjuk awal saja tentang organisasi, keanggotaan, gugusdepan, kwartir, atribut, hubungan dengan organisasi lain, metode pendidikan, dan lain sebagainya.

Kwartir Nasional menerbitkan aturan rinci tentang kepramukaan. Anda bisa pelajari nanti, sambil lalu. Tanamkan nilai-nilai pramuka di hati, seragam pramuka bisa dikenakan kemudian.

Aktif latihan di gugusdepan

Menjadi anggota di gugusdepan tidak sekadar status. Gugusdepan adalah tempat latihan, menempa diri, menguatkan mental, dan bergaul dengan sahabat-sahabat pramuka.

Jika di gugusdepan situasinya tidak seideal itu, maka Andalah yang harus membuat gugusdepan menjadi ideal sebagai tempat latihan dan belajar.

Ada latihan atau tidak, sempatkan ke gugusdepan setidaknya sekali dalam sepekan. Itu keaktifan minimal.

Mulai dengan menempuh SKU

SKU adalah syarat kecakapan umum. Fungsinya seperti kurikulum, serangakaian kemampuan yang harus ditempuh oleh anggota Gerakan Pramuka untuk mencapai kompetensi sesuai golongan usianya.

Patokannya usia. SKU golongan siaga ada tiga tingkat: mula, bantu, tata. SKU Penggalang tiga tingkat juga: ramu, rakit, dan terap. Sedangkan SKU golongan penegak ada dua tingkat: bantara dan laksana. Sementara pandega hanya ada satu-satunya tingkat, yaitu pandega.

Tiap pembina ada menerapkan cara membina yang berbeda, terutama dalam hal pembinaan menempuh SKU. Banyak faktor. Ada pembina yang inovatif tapi masih dalam lingkaran prinsip dasar dan metode kepramukaan. Ada juga pembina yang melayani ‘pengisian’ SKU sesuai kebiasaan pendahulunya.

Patokan kita tetap usia. Usia 7-10 tahun mulai dari SKU Siaga Mula. Anak atau adik Anda belum bisa disebut siaga jika masih belum mencapai SKU Siaga Mula. Dia masih calon siaga. Yang umurnya 11-15 tahun memulai dari SKU Penggalang Ramu, dan masih berstatus calon penggalang jika masih belum menyelesaikan SKU Penggalang Ramu.

Usia penegak, 16-20 tahun memulai dari SKU Penegak Bantara. Nah.., Di bagian ini sering ada perbedaan antar gudep satu dengan yang lainnya. Golongan penegak biasanya punya suatu adat. Namanya adat ambalan dalam tradisi gugusdepan. Pengetahuan ini tidak ditemukan dalam Undang-undang dan AD/ART Gerakan Pramuka. Sifatnya khusus. Silakan bertanya langsung ke gudep yang dituju.

Begitu juga dengan usia pandega, 21-25 tahun, tempuhlah SKU Pandega. Bergabunglah dengan pramuka di gudep perguruan tinggi untuk lebih mudahnya. Sebagian besar gudep di kampus terbuka untuk pemuda-pemudi di sekitar kampus.

Yang hendak bergabung anggota dewasa, mulailah dengan KMD atau orientasi kepramukaan.

Bersatuan terpisah, meski sulit

Belajarlah menata diri, terapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yang hampir tidak ditemui di negara lain adalah satuan terpisah. Gerakan Pramuka telah mengatur gugusdepan terpisah.

Mulailah dengan pergaulan yang tidak berbaur terlalu lengket dengan lawan jenis. Itu sangat prinsip dan metode. Maksudnya, jika Anda laki-laki cari pembina pramuka putra. Perempuan pun demikian, fokuslah dengan binaan pembina putri.

Jika Anda orangtua, pastikan anak siaga dan penggalang Anda dibina oleh pembina pramuka yang sejenis. Pramuka perempuan hanya boleh dibina oleh pembina pramuka putri. Dan Pramuka laki-laki dibina pembina pramuka putra. Toleransi, pramuka siaga putra boleh dibina oleh pembina pramuka putri jika kesulitan menemukan pembina putra.

Pastikan membina diri berkelompok

Menjadi pramuka tidak untuk hebat sendirian. Jika di suatu gugusdepan ternyata Anda sendirian, segera ajak teman untuk membentuk kelompok kecil.

Pramuka membuat tim tanggih, belajar bersama, dan kolaborasi. Jika hanya Anda sendiri di gugusdepan, maka pelajaran berkolaborasi dengan orang lain tidak mungkin terjadi.

Hindari gudep yang adatnya ‘aneh-aneh

Adat aneh seperti apa sih? Banyak. Citra pramuka menjadi kurang baik akibat penerapan pembinaan yang aneh dan menyimpang dari prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Adat aneh bergabung menjadi anggota pramuka misalnya, untuk jadi anggota harus melakukan perbuatan syirik. Contoh, harus mencium dan berdoa di depan pedang. Atau calon pramka harus mandi kembang tujuh rupa pada tengah malam sebelum dilantik.

Adat aneh juga kadang terbungkus dengan proses penerimaan anggota yang ekstrim, melalui serangkaian perpeloncoan yang mirip tentara. Praktik ini masih marak terjadi terutama di gudep-gudep yang seniornya berambisi menciptakan anggota militan.

Bergabunglah dengan gudep yang menjunjung kode kehormatan pramuka.

Menjadi anggota gerakan pramuka itu mudah

Mudah sekali bergabung dengan gerakan pramuka. Gerakan pramuka itu untuk semua. Pramuka ada di seluruh dunia dengan istilah yang berbeda-beda di bawah kordinasi organisasi dunia bernama WOSM sinkatan dari World Organization of the Scout Movement.

Makanya rugi sekali jika Anda tidak segera bergabung dengan pramuka. Keanggotaan gerakan pramuka itu terbuka untuk siapa pun. Sifatnya sukarela, mandiri, dan nonpolitis.

Pada artikel lainnya, saya akan membahas syarat menjadi anggota selain kewarganegaraan dan ketentuan usia.

you're currently offline