in

Mau Daftar IPB Jalur Prestasi Pramuka? Siapkan Catatan Prestasinya

mou kwarda jabar dan ipb
Ka Kwarda Jabar, Dede Yusuf berfoto bersama dengan Rektor IPB, Arief Satria usai penandatangan MoU penerimaan mahasiswa jalur prestasi kepramukaan di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Cibinong Bogor, Selasa ( 19/3/2019)

Program masuk kuliah jalur prestasi pramuka merupakan kerjasama antara Kwarda Jawa Barat dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Jadi pastikan kamu anggota pramuka penegak di Jawa Barat dan putra daerah Jawa Barat. Karena ada kemungkinan Kwarda Jawa Barat memberlakukan verifikasi pada status keanggotan gerakan pramuka, kartu keluarga, dan asal sekolah.

Kualifikasi pada ketentuan seleksi masuk IPB jalur prestasi pramuka menentukan bahwa calon mahasiswa merupakan anggota aktif, lulusan SMA/MA peminatan MIPA dan SMK Pertanian/kehutanan dengan tahun kelulusan 2020.

Aktif pramuka, jangan hanya nebeng nama

Yang dimaksud aktif pramuka bukan hanya yang sering berpakaian seragam pramuka. Kamu harus latihan rutin, menempuh syarat kecakapan umum (SKU dan syarat kecakapan khusus (SKK). Jangan lupa bayar iuran di gugusdepan. Jangan giliran ditagih iuran, malah dibilangnya pungli.

Jadi aktif itu, aktif latihan, belajar, dan mengurus organisasi. Kalau hanya nebeng nama, kayaknya semua anak sekolah disebut pramuka. Kan sekolah mewajibkan ekstrakurikuler pramuka. Terpaksa juga ikut pramuka, setelah kemah menghilang.

Menjadi pengurus/dewan ambalan

Sebagai anggota aktif, maka ada kemungkinan, kamu bisa memimpin di ambalan penegak kamu. Kamu bisa terpilih sebagai pradana, kerani, hartaka, atau juru adat dalam ambalan.

Pradana adalah pimpinan utama dalam suatu ambalan, itu prestasi dalam kepemimpinan. Pradana didukung kerani. Kerani adalah sekretaris di dewan ambalan penegak. Hartaka semacam bendahara, dan juru adat itu polisinya pramuka penegak dalam ambalan.

Juru adat adalah orang yang disegani karena dia mengawasi hidup teman-temannya agar bersikap baik sesuai harapan satya dan darma pramuka.

Anggota dewan kerja diprioritaskan

Dewan kerja ranting, cabang, daerah, dan nasional diprioritaskan dalam program seleksi masuk IPB jalur prestasi pramuka di Jawa Barat ini.

Ada 627 kecamatan di Jawa Barat, harusnya ada 627 ketua dewan kerja ranting (DKR) yang bisa diprioritaskan. Prioritasnya bukan hanya ketua, anggota DKR juga diprioritaskan.

Jumlah kwarcab ada 27 se-Jawa Barat. Artinya ada 27 dewan kerja cabang (DKC). Kalau setiap DKC ada paling sedikit 3 anggota yang akan lulus SMA/MA/SMK pada tahun 2020, maka ada sekitar 80-an calon mahasiswa yang akan jadi prioritas.

Belum lagi anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Barat dan sebagian Dewan Kerja Nasional (DKN). Asumsinya, anggota DKD dan DKN sudah semuanya kuliah.

Tentu saja, selain calon mahasiswa itu pengurus dewan kerja, dia harus memenuhi syarat prestasi lainnya.

Ikuti kegiatan nasional atau internasional

Ada banyak pilihan kegiatan nasional dan internasional. Sempatkan untuk mengikuti Jambore Pramuka se-Dunia, Jambore Pramuka se-Asia Pasifik, Jambore ASEAN, dan jambore di luar negeri lainnya yang bisa diikuti oleh kamu yang masih di bawah 18 tahun.

Kegiatan nasional juga banyak pilihan. Mulai dari kegiatan wirakarya dan gotong royong, raimuna cabang, raimuna daerah, dan raimuna nasional.

Pilihan lainnya aktif di satuan karya (saka). Ada Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Wirakartika, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, dan Saka Widya Budaya Bakti. Masih banyak saka-saka lainnya yang baru seperti Saka Kominfo, Saka Millenial, Saka Amal Bakti, dan lainnya.

Aktif berkegiatan di saka sangat memungkinkan untuk mengantar pada kegiatan-kegiatan tingkat cabang, daerah, dan nasional seperti perkemahan antar satuan karya, kemah bakti satuan karya, dan lainnya. Satuan karya juga mengantarkan para muka untuk terjun dalam proyek-proyek pengabdian kepada masyarakat.

Nilai 8.0 untuk pelajaran MIPA

Nilai rata-rata pelajaran MIPA yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi minimal 8.0.

Nilai 8.0 hanya bisa dicapai oleh pramuka yang rajin belajar dan tidak malas. Artinya penegak itu mampu mengatur waktu antara kegiatan di kelas dan di luar sekolah.

Tuntutan rata-rata nilai minimal 8.0 untuk pelajaran tersebut bukan untuk memberatkan calon mahasiswa. Mungkin saja, pihak IPB memang tidak mau mahasiswa ketinggalan kuliah karena kemampuannya kurang.

Kan aneh, kalau labelnya mahasiswa berprestasi, tapi kuliahnya mengulang karena kemampuan matematikanya kurang.

Kumpulkan catatan prestasi lainnya

Tidak cukup hanya ditulis. Deretan prestasi kamu harus dilengkapi dengan biodata yang daftar prestasinya dilengkapi dokumen.

Pernah ikut kegiatan jambore, raimuna, wirakarya, atau kemah bakti. Maka kamu harus melengkapinya dengan piagam-piagam. Pencapaian dalam kecakapan umum tingkat bantara, laksana, bahkan mencapai pramuka garuda, perlu dilengkapi dengan sertifikat.

Atau jika ada yang telah mencapai brevet penembak, penyelam, paralayang, penerjun, navigasi, dan lain-lain, perlu dilengkapi dengan sertifikat.

Menjuarai lomba-lomba seperti bela diri karate, menyanyi, lari, futsal, atau prestasi lomba-lomba kepramukaan, itu semua melengkapi prestasi utama yang ditentukan. Maka lengkapi dengan piagam penghargaan.

Informasi resmi Kwarda Jawa Barat

Program seleksi masuk IPB jalur prestasi pramuka merupakan program kerja sama IPB dengan Kwarda Jawa Barat. IPB menyediakan program kuliah bepredikat salah satu perguruan terbaik di Indonesia. Sedangkan Kwarda Jawa Barat kerkeinginan mengantar anggota pramuka yang berprestasi bisa berkuliah dengan mudah di IPB dengan deretan prestasinya.

Informasi tentang program ini, kamu harus menunggu pengumuman resmi dari Kwarda Jawa Barat. Proses penyerahan dokumen dan pemberkasan akan diverifikasi oleh Kwarda Jawa Barat. Hati-hati! Jangan terlibat calo yang mengaku pramuka dari Kwarda Jawa Barat. Selamat berjuang meraih berprestasi.

Report

What do you think?

budi waseso baju putih

Pramuka Dilibatkan dalam Mengatasi Penyaluran BPNT yang Tersendat

foto pelantikan penegak pandeglang

Pelantikan Penegak MAN 2 Pandeglang sebagai Sarana Peningkatan Ibadah