Bandung – Indonesia Scout Challenge yaitu lomba uji ketangkasan dan kekompakan yang digagas Jawa Pos bersama Antangin Junior. Mendapat dukungan positif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ade Sukalsah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemprov Jabar mengatakan, kegiatan Indonesian Scout Challenge merupakan salah satu kegiatan positif dan layak digelar, karena dapat menumbuhkan inovasi dan kreativitas anak. “Dengan konsep membumikan nilai kepanduan yang sudah terkenal dan dikemas menyenangkan, fun and challenge. Membuatnya sangat menunjang proses tumbuh kembang dan pembentukan karakter yang baik bagi anak,” ujarnya, di Gedung Sate Bandung, Kamis (13/10/2016).

Ia mengungkapkan, Challenge dapat diartikan sebagai masalah, merupakan simbolisasi kehidupan nyata, yang mana generasi positif kedepan adalah yang melihat ‘ijo’ pada masalah. Yakni, generasi yang dengan senang hati menyelesaikan berbagai permasalahannya secara progresif, mengambil keputusan secara berani dan bertanggungjawab, bukan malah menghindari masalah dan lari dari kenyataan. “Dengan mengikuti kegiatan ini, selain anak akan memiliki keterampilan. Anak juga akan lebih memiliki jiwa kesatria,” jelasnya.

Harapanya, semoga kedepan kegiatan Indonesia Scout Challenge dapat terus diselenggarakan rutin di Jabar khususnya. Selain itu, juga bisa diselenggarakan di 27 kabupaten/kota di Jabar. Sehingga dapat menjangkau lebih luas lagi ke seluruh masyarakat Jabar.