Bogor – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bersinergi dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berkolabirasi mengadakan Lomba Gugus Depan Unggul Pramuka tingkat nasional tahun 2019.

Acara finalnya berlangsung di Grand Mulya Resort and Convention Hotel, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (08/9/19).

Sambutan Ka Kwarnas disampaikan oleh Waka Binamuda

Dirilis dari laporan Kak Yudhi di laman Facebook Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, kegiatan Final Gudep Unggul & Pramuka Penggalang Ceria 2019 dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kak Didik Suhardi, sekaligus bertindak sebagai Pembina upacara yang didampingi Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binamuda Kak Supriyadi dan Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binawasa, Kak Prof. Suyatno.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam sambutan yang disampaikan oleh Waka Kwarnas/Ketua Komisi Binamuda, Kak Supriyadi mengatakan adalah suatu pertemuan besar bagi Pramuka Penggalang tingkat SD se-Indonesia.

“Pesan Ka Kwarnas, Pramuka itu harus tetap semangat dalam mengikuti lomba. Karena pada akhir kegiatan adik-adik akan mendapatkan penghargaan sebagai bukti telah mengikuti kegiatan ini secara baik dan benar, bukan tidak mungkin Gugus Depan adik-adik akan menjadi yang terbaik,” ujar Kak Supriyadi.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kak Didik Suhardi, Ph.D. mengatakan Gerakan Pramuka adalah sebuah organisasi yang menjunjung tinggi kebersamaan, gotong royong, tenggang rasa, dan tanggung jawab.

Pendidikan karakter untuk mempersiapkan calon pemimpin

Dengan diadakan kegiatan ini, harapannya adalah peserta lebih termotivasi dalam mengikuti lomba. Pun, agar mental semakin terasah sehingga menjadi pramuka yang kuat berjuang, bekerja keras, dan mampu bersaing sehat secara nasional. Karena kegiatan pramuka merupakan pendidikan karakter untuk mempersiapkan calon pemimpin yang bersahabat dengan alam.

Tema kegiatan kali ini adalah “Penggalang Ceria”. Pesertanya adalah perwakilan dari 34 Provinsi. Gudep Unggul dan Penggalang Ceria akan berlangsung dari tanggal 8-13 September 2019.

Foto: Yudhi (Scout Radio)