delivering goodnews
every scout is a reporter

Gubernur Khofifah akan Bangun Bumi Perkemahan untuk Pramuka

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong sekolah semua jenjang untuk menguatkan ekstrakurikuler di sekolah. Utamanya guna membangun semangat kesukarelawanan dan nasionalisme untuk membentuk karakter kebangsaan.

Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di tengah seribu siswa peserta Jambore Pandu Sekolah Model Dalam Penguatan Pendidikan Karakter dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, di Gedung LPMP Jawa Timur, Rabu (20/3/2019).

Jawa Timur akan bangun bumi perkemahan pramuka

“Pramuka adalah garda terdepan membangun karakter bagi anak kita. Pintu masuk untuk bisa menguatkan pendidikan karakter kebangsaan adalah melalui Pramuka,” kata Khofifah.

Lebih lanjut untuk bisa mendukung hal tersebut, khususnya dalam penguatan pendidikan pramuka, Khofifah siap membangunkan bumi perkemahan di Jawa Timur. Lokasinya kawasan Cerme, Gresik.

Khofifah mengatakan pihaknya mengarahkan majelis pembimbing daerah, dan ia akan turun langsung untuk melakukan penguatan pramuka di Jawa Timur.

“Di masa 99 hari kerja pertama saya sudah dewasa dan komunikasi dengan Pemprov Jawa Timur dan Kwartir Daerah Jawa Timur untuk menyiapkan bumi perkemahan,” kata Khofifah.

Optimis, dengan tempat perkemahan pramuka makin aktif

Dengan bumi perkemahan ini, pihaknya optimistis bahwa anak-anak yang aktif di Pramuka, bisa melakukan kegiatannya di bumi perkemahan tersebut. Seperti melakukan perkemahan Sabtu Minggu, melakukan jambore, dan juga melakukan outbond.

“Rencananya bumi perkemahan ini akan kita bangun di Cerme Gresik. Supaya bangunan nasionalisme ke anak-anak dan membangun karakter bisa diintroduksi ke anak secara yang lebih masif,” tegas Khofifah.

Dalam pembukaan Jambore Pandu Sekolah Model Dalam Penguatan Pendidikan Karakter dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur itu turut hadir Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, Mendikbud Muhadjir Effendy.

Di hadapan peserta jambore, Khofifah berpesan tentang kewaspadaan terhadap intoleransi dan juga radikalisme. Ia juga meminta anak-anak untuk mengedepankan solidaritas dan menjaga anak nilai-nilai kebangsaan untuk memersatukan NKRI.