delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Kamabida Jambi Dianugerahi Penghargaan oleh Pramuka Sabah Malaysia

Jambi – Gubernur Jambi yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum dianugerahi penghargaan oleh Pramuka Sabah Malaysia, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu malam (27/11/2019).

“Persekutuan Pengakap Malaysia adalah organisasi pemuda terbesar di Malaysia dan anggota Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM), Gubernur Jambi Fachrori Umar berhasil dalam pembinaan pramuka di Provinsi Jambi sehingga banyak prestasi yang diraih. Untuk itu, kami dari Malaysia memandang perlu diberikan penghargaan ini,” ujar Ketua Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia Datuk Dr.Awang Zaini.

Kamabida Jambi Dianugerahi Penghargaan

Penganugerahan Tanda Penghargaan kepada Kamabida Jambi diserahkan langsung oleh Ketua Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia Datuk Dr.Awang Zaini.

Selain itu, ketua kwarda, Kak Sudirman menyerahkan piala tetap untuk Provinsi Jambi, karena Pramuka Provinsi Jambi berhasil tiga kali berturut-turut meraih juara umum tingkat nasional Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional 2019 (Pertikawan) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berlangsung pada tanggal 18-25 November 2019 di Bumi Perkemahan Nasional Cibubur, Jakarta.

“Provinsi Jambi terletak di tengah Pulau Sumatera dan dekat dengan kawasan segitiga pertumbuhan antara Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand atau sering disebut segitiga pertumbuhan (IMS-GT) dan (IMT-GT). Luas Provinsi Jambi mencapai 53.435 Km2, secara administratif terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota, serta 141 Kecamatan dengan Jumlah penduduk telah mencapai 3,57 juta jiwa. Dan, penduduk Provinsi Jambi multi etnis diantaranya Melayu Jambi, Jawa, Minang, Batak, Sunda, Bugis, dan China serta suku lainnya, yang dapat hidup berdampingan dengan baik,” kata Kak Fachrori.

Kak Fachrori: Pramuka merupakan penerus estafet pembangunan

Lanjut Kak Fachrori, generasi muda (Pramuka) yang merupakan penerus estafet pembangunan harus mampu melestarikan nilai-nilai perjuangan bangsa dan nasionalisme serta Bhinneka Tunggal Ika, serta menegaskan bahwa Pramuka harus bisa menjadi pemersatu keanekaragaman dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa, sebagai modal yang sangat penting dalam pembangunan.

“Kami ucapkan terima kasih atas sambutan dari Pemerintah Provinsi Jambi yang begitu meriah dan penuh keakraban dan persaudaraan, apalagi dari Pramuka kita sudah terjalin persaudaraan begitu lama,” tambah Awang Zaini.

Wakil Ketua Kwarnas, Brigjen TNI Purn. Hasto Pratisno Yuwono menyampaikan, sebelumya dirinya pernah bertugas di Provinsi Jambi sebagai Danrem 042/Garuda Putih pada tahun 2012.

“Jadi, kecintaan terhadap Jambi sudah ada sejak dulu. Jambi ini indah dan unik, masyarakatnya baik dan ramah, alamnya indah, saya selalu memantau perkembangan Jambi, melalui berita media,” ungkap Kak Hasto.

Gubernur Jambi berprestasi

Kak Hasto memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Jambi atas prestasi yang telah dicapai.

“Kami ucapkan selamat kepada Gubernur Jambi yang menerima penganugerahan Tanda Penghargaan Tertinggi dari Malaysia, ini merupakan motivasi bagi kita semua agar kita lebih giat lagi meningkatkan prestasi, lebih maju, dan terus berkarya,” kata Hasto.

Sebelumnya, Ketua Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Kalimatan Barat , Kak Suryadi mengemukakan, dirinya sudah 10 tahun menjadi andalan nasional sebagai koordinator pramuka wilayah Kalimatan Barat dan lima tahun ini menjadi pengurus Kwarnas. Kak Suryadi mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan pemimpin daerah dan pemimpin Kwarda Jambi, demi kemajuan Pramuka Jambi.

Pramuka Jambi berprestasi

Selain itu, Ketua Kwarda Jambi, H.Sudirman,SH,MH menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan pembinaan Gubernur Jambi selama ini lebih kurang 10 tahun kemajuan Pramuka Provinsi Jambi berdampak positif bagi kemajuan generasi muda Jambi.

“Tujuan kita mengikuti kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah sebagai wahana mengaplikasikan keterampilan dan memberikan kecakapan bagi anggota satuan karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti Provinsi Jambi untuk lebih maju lagi,” ujar Kak Sudirman.

Sambung Kak Sudirman, berbagai kegiatan perkemahan, baik diselengarakan di Provinsi Jambi maupun ditingkat nasional bahkan internasional pun telah diikuti Pramuka Jambi dengan meraih berbagai prestasi.

you're currently offline