Tanda penghargaan pramuka merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Penerimanya adalah orang yang berprestasi. Atau berkarya yang bermanfaat kepada masyarakat. Bisa juga, dia adalah orang yang membaktikan diri dalam suatu kegiatan dan karya yang berguna baik untuk masyarakat.

Beberapa penghargaan diberikan agar berfungsi sebagai alat pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri si penerima, dan memotivasi orang lain. Fungsi tanda penghargaan lainnya, Tanda bahwa Gerakan Pramuka menghargai kesetiaan, keaktifan, jasa, bantuan, prestasi kerja, dan darma bakti yang telah disumbangkan oleh si penerima.

5 kelompok tanda penghargaan bagi pramuka

Berdasarkan pada SK Kwarnas No. 175 tahun 2012, penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka dikelompokkan menjadi 5 kategori atau kelompok tanda penghargaan.

1. Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka

Tanda pengharaan Gerakan Pramuka diberikan kepada anggota muda dan anggota dewasa Gerakan Pramuka. Penghargaan ini juga diberikan kepada orang dewasa di luar Gerakan Pramuka. Siapa sih anggota pramuka yang tidak bangga diberi penghargaan oleh organisasi yang dicintainya?

Baca  Perhatikan 2 Hal Penting Ini Saat Membina Pramuka Penggalang

Eitt.., Ingat penghargaan itu diberikan bukan diminta-minta. Tidak jarang juga lho anggota pramuka sibuk mengajukan tanda penghargaan untuk dirinya.

2. Tanda kehormatan dari Negara dan Pemerintah RI

Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pemerintahnya dapat memberikan penghargaan kepada anggota Gerakan Pramuka sebagai warganya yang berjasa kepada Negara.

Penghargaan biasanya diberikan atas karya yang bermanfaat untuk bangsa dan negara.

3. Tanda kehormatan dari negara lain

Negara lain bisa memberikan penghargaan yang tidak bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Baca  WEBSERIES KE 2 KFP INDONESIA

4. Tanda penghargaan dari organisasi kepramukaan sedunia

Tanda penhragaan diberikan World Organization of the Scout Movement (WOSM) atau organisasi kepramukaan negara lain (National Scout Organization/NSO). Sudah banyak Anggota Gerakan Pramuka yang telah mendapatkan penghargaan dari WOSM dan NSO negara lain.

Jenis penghargaan ini sebaiknya Kamu tempelkan di seragam pramuka. Bukan untuk pamer, tapi setidaknya memperkenalkan apresiasi nagara lain kepada aktivitas kepramukaan Kamu.

5. Tanda penghargaan dari organisasi/badan lain

Organisasi atau badan lain baik luar maupun dalam negeri, boleh memberikan tanda penghargaan dari organisasi lain dan dapat dikenakan pada seragam anggota Gerakan Pramuka.

Penghargaan organisasi dari partai politik?

Partai politik sah saja memberikan penghargaan kepada perorangan tapi bukan karena sebagai anggota Gerakan Pramuka. Sayangnya tanda penghargaannya tidak boleh dikenakan pada seragam pramuka-nya.

Baca  LOGO RESMI HARI PRAMUKA KE - 58 TAHUN 2019

Bisa jadi, sampai saat ini, secara tertulis belum ada yang melarang pemakaian tanda penghargaan dari partai politik. Tapi secara etika, anggota pramuka lain akan mempertanyakannya.