delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Kesan Mistis Dibalik Sensasi Alami Pemandian Air Panas Suban di Bengkulu

Objek wisata Suban Air Panas merupakan obyek wisata alam yang diminati masyarakat Bengkulu. Tidak hanya masyarakat Bengkulu, para pelancong pun selalu mengunjungi pemandian ini. Selain memiliki aura keindahan dan kesejukan, lokasi ini juga menyimpan cerita batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung nilai mistis yang berkembang di masyarakat.

Suban Air Panas berada di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau dengan jarak tempuh sekitar 6 Km dari Kota Curup (Ibu kota kabupaten Rejang Lebong) atau sekitar 90 Km dari Provinsi Bengkulu. Pemandian Air Panas Suban Bengkulu memiliki suasana yang masih sangat alami, tempat pemandian berhadapan dengan tebing yang penuh dengan pepohonan.

Dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit

Selain dijadikan tempat rekreasi, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik. Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas. Bentuk kolamnya memang sederhana, namun alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan.

Sumber air panas yang ada di kolam-kolam ini berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa atau bambu sehingga membentuk seperti pancuran. Selain itu, terdapat kolam renang yang cukup luas.

Kolam renang ini terbagi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Tidak hanya itu, tersedia pula penyewaan ban dan pelampung. Tidak jauh dari kolam renang yang luas ini, terdapat 3 buah kolam kecil yang berisi air panas alami.

Tingkat kepanasan air tidak terlalu panas, sehingga membuat kita betah untuk berlama-lama berendam, hanya di sudut tertentu saja dengan suhu air yang cukup panas, karena berdekatan dengan sumber mata air panas.

Relaksasi luar biasa

Berendam di dalam kolam air panas memang memberikan relaksasi yang luar biasa. Setelah berendam, tubuh akan terasa segar, letih dan capek pun hilang seketika. Objek wisata yang mulai dibuka untuk umum pada 1 November 1967 ini sangat diminati masyarakat karena menawarkan daya tarik dan keunikan tersendiri. Selain cocok untuk liburan keluarga, tempat ini juga cocok untuk sarana refreshing dan terapi kesehatan.

air terjun di suban air panas bengkulu
Air Terjun Suban Air Panas, Bengkulu (Foto: Ksm Tour)

Menambah keindahan dan membuat lebih menarik, di lokasi ini juga terdapat air terjun yang indah dengan ketinggian lebih dari 90 m dengan air yang jernih dan dingin.

Batu Mistis

Selain itu, terdapat dua buah peningalan Suku Rejang yaitu Batu Megalitikum dengan lokasi berbeda. Batu Megalitikum di lokasi pertama sering disebut dengan “Tri Sakti”. Seratus meter dari lokasi pertama, terdapat pula satu lagi batu megalitikum yang dikenal dengan nama “batu menangis” sering disebut “Putri Selangkah”.

Batu Tri Sakti memiliki cerita tentang tiga orang hebat yakni Sebei Teret, Sebei Tikis dan sebei Bitan yang hinga kini dipercaya dapat memberikan pertolongan kepada pengunjung ataupun para pendatang. Bahkan hingga saat ini, masih ada beberapa warga yang meminta pertolongan dengan membawa beberapa sesajian ke tempat keramat itu.

Sedangkan Batu Menangis atau sekarang disebut “Putri Selangkah”, berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, konon katanya dulu batu tersebut dijadikan tempat merenung dan menangis sang putri yang bernama Gemercik Emas yang tidak mau dijodohkan dengan Putra Gambir Melang yang merupakan putra Suku Rejang.

Disebut Putri Selangkah, karena dahulu setiap putri tersebut hendak pergi ke arah empat penjuru mata angin baru selangkah putri itu berjalan, kemudian langsung menghilang dan telah sampai di tempat tujuan. Konon, dulu batu itu sering mengeluarkan air.

Sebagian warga mempercayai, batu itu merupakan air mata Putri Selangkah. Hanya saja, saat ini batu itu sudah jarang mengeluarkan air. Air Putri Selangkah ini juga diyakini bisa melancarkan urusan jodoh. Caranya dengan mengusapkan air dari batu itu ke alis mata.

Cara menuju Suban Air Panas

Akses menuju Suban Air Panas tidaklah sulit, lokasi mudah dijangkau karena letaknya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Jalan Negara. Bila memulai dari Kota Bengkulu, jarak yang ditempuh sekitar 90 kilometer dan memakan waktu perjalanan lebih kurang 2 jam. Cara yang dapat ditempuh, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Keindahan tidak hanya disuguhkan di lokasi pemandian Suban Air Panas saja, namun disepanjang perjalanan menuju lokasi pemandian pun disuguhkan pula panorama alam yang indah dan udara yang sejuk. Sehingga, membuat perjalanan liburan menjadi sesuatu hal yang sangat berkesan.

Selain Pemandian Suban Air Panas, masih banyak daftar lokasi destinasi wisata di Bengkulu. Mulai dari gunung, pantai, tempat bersejarah dan tempat lainnya. Karena, Bengkulu menyimpan destinasi wisata tersembunyi yang harus dijelajahi.