Bandung – Dimulai 20–22 Oktober 2017, agenda tahunan Jamboree On The Air (JOTA) Internasional ke-60 dan Jamboree On The Internet(JOTI) Internasional ke -21 digelar serentak di seluruh negara.

Indonesia merupakan negara yang rutin ikut berpartisipasi sebagai ajang pertemuan para anggota pramuka dari seluruh dunia. Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung termasuk yang rutin berpartisipasi di tingkat nasional dan regional (Asia).

Stasion JOTA-JOTI dipusatkan di Taman Pramuka

Di Bandung, kegiatan JOTA-JOTI Internasional dipusatkan di Taman Pramuka, Jalan LLRE Martadina No. 157 Bandung melibatkan para anggota pramuka mulai dari golongan penggalang, penegak, pandega, dan pramuka dewasa.

“Kegiatannya seru, bisa belajar berkomunikasi lewat radio amatir dan nambah teman baru dari luar daerah bahkan luar negeri,” ujar Dian salah satu peserta dari Media SMP Negeri 22 Bandung, Minggu (22/10/2017).

Baca  Raimuna Cabang V Kota Bogor di ikuti 530 Pramuka

Sebelum mempraktekkan, para peserta diberi pengarahan dan panduan terlebih dahulu dari Kak Roosdianto dari ORARI Bandung sebagai penangungjawab JOTA dan kakak-kakak operator para anggota Dewan Kerja Cabang (DKC).

Belajar berkomunikasi dengan sandi-sandi

“Walau sedikit sulit, pertama diajarkan dulu sandi-sandinya. Selanjutnya baru bisa berkomunikasi dan memperkenalkan diri masing-masing,” ucap Diva dari Media SMP Negeri 22 Bandung yang baru pertama kali belajar dan berkenalan lewat udara dengan teman barunya seorang anggota pramuka langsung dari Malaysia.

Baca  LT II Kwarran Mandalajati : Ingin Hidupkan Kembali Pramuka di Mandalajati

Kegiatan JOTA-JOTI Internasional selama dua hari berturut-turut tersebut sangat ditanggapi positif oleh pihak Kwarcab Kota Bandung dan berharap tahun depan peserta yang ikut berparsipasi bisa bertambah.

“Kami dari Kwarcab Kota Bandung sangat menanggapi positif dan mendukung penuh diselenggarakannya kegiatan ini. Kami berharap kedepannya jumlah peserta bisa bertambah tidak hanya dari kalangan pramuka saja dan fasilitas sarananya bisa dimaksimalkan,” ujar Aldi mewakili DKC.

Selama kegiatan JOTA-JOTI Internasional seluruh peserta berhak mendapatkan piagam kegiatan dan Tanda Ikut Serta kegiatan (Tiska) yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sumber : Benny K/ Roni SF/Bandung Scout News