delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Kwarcab Kota Bandung Rutinkan Gerakan Pungut Sampah

Bandung – Bersih Bandung bukan hanya menjadi komitmen Pemkot Bandung untuk mengkampanyekan dan melaksanakannya. Namun upaya yang digagas Walikota Bandung Oded M Danial ini tujuan luasnya untuk menggugah kesadaran seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan bersama.

Dalam rangka mendukung program pemerintah kota Bandung  perihal penanganan sampah, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung turut serta melaksanakan Kegiatan Gerakan pPungut Sampah yaitu Bersih-bersih rutin di 10 lokasi kawasan pusat keramaian kota Bandung yang akan di laksanakan setiap hari Minggu.

“Keikutsertaan  Kwarcab Kota Bandung dalam gerakan pungut sampah merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan dan kenyamanan kota Bandung agar tetap terawat. Tidak hanya di 10 titik pusat keramaian masyarakat saja.” Ujar Andalan Bina Muda Bidang Penggalang Putri Kwarcab Kota Bandung, Wiwin Martini disela kegiatan Gerakan Pungut Sampah Bersama sejumlah anggota pramuka di Kebun Binatang Bandung, Taman Sari Bandung, Minggu (13/10/2019).   

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di beberapa Kwartir Ranting seperti Taman  Lalu Lintas ( Kwarran Bandung Wetan), Alun Alun Cicendo (Kwarran Cicendo), CFD Dago (Kwarran Coblong), Alun Alun Bandung (Kwarran Regol), Kebun Binatang Bandung (Kwarran Sukasari ), Sport Center Jabar (Kwarran Arcamanik, Antapani), Alun Alun Ujungberung (Kwarran Ujungberung, Cinambo, dan Mandalajati).

“Kegiatan yang dilaksanakan para anggota pramuka ini sekaligus ingin mengedukasi masyarakat bagaimana pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” lanjut kak Wiwin.

gerakan pungut sampah sebagai upaya pembiasaan positif

Upaya Gerakan pungut sampah yang dilaksanakan Kwarcab Kota Bandung tidak hanya diperuntukan bagi para anggota pramuka saja. Namun lebih luas lagi bersama masyarakat lainnya membangun pembiasaan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Kami sangat bersemangat ikut kegiatan ini. Tentunya  bisa menjadi pembiasaan positif  untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Upaya kebersihan ini tidak hanya kami laksanakan di sekolah, tapi harus terus dilaksanakan secara rutin di tempat tempat umum Kota Bandung,” harap kak Yoyo Suptoyo pembina pramuka dari SMPN 52 Bandung.

Alia Reina Caesar, anggota pramuka SMPN 12 Bandung menyatakan hal yang sama. Harapannya agar teman teman sebaya bisa melaksanakan Gerakan pungut sampah ini di tempat masing-masing.

 “Kegiatan ini bagus dan mengedukasi masyarakat untuk mau pungut sampah  dan memasukannya ke kantong plastik, tidak membuangnya di sembarang tempat,” ujar Alia.

Sumber : Pusinfo Kwarcab Kota Bandung/ Benny k/ Roni SF/ Scout.Id/ BSN