delivery goodnews

Kwarda Kalteng Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan untuk Berbagai Golongan

Palangkaraya – Kwarda Kalimantan Tengah menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) golongan siaga, penggalang dan penegak. Kegiatan KML dilaksanakan pada 18-24 November 2019, bertempat di Pusdiklatda Kwarda Kalteng dengan format full tenda, (18/11/2019).

“Besar harapan saya kepada para pembina yang saat ini berproses selama tujuh hari ke depan, agar setelah mengikuti proses ini bisa mengaplikasikan pengalaman dan kemampuan yang telah diperoleh untuk membentuk spiritual, sosial dan keterampilan di pangkalan masing-masing,” kata Kepala Pusdiklat Kwarda Kalteng Kak Hidayatullah mewakili Ketua Kwarda Kalteng secara resmi membuka kegiatan KML 2019 kwarda Kalteng, dalam sambutan yang di bacakan, Ketua Kwarda Kalteng Kak Yulistra Ivo Sabran.

Dihadiri Pusdiklatcab, Pusdiklatda Kalteng dan Waka Binawasa Kwarda Kalteng

KML kali ini di ikuti oleh 27 orang peserta yang merupakan utusan dari Kwarcab Palangka Raya, Pulang Pisau, Murung Raya, Barito Selatan, Katingan, Kotawaringin Timur, Kapuas, Kotawaringin Barat dan Lamandau.

Kegiatan kursus ini diisi oleh pelatih pembina pramuka dari Pusdiklatcab Palangka Raya dan Pusdiklatda Kalteng. Selain itu, dihadiri pula oleh Waka Binawasa Kwarda Kalteng, Kak Bambang Mantikei.

Terdapat rangkaian kegiatan dan pemberian materi, mulai dari penyusunan program kerja gudep, fundamental gerakan pramuka, manajemen resiko, ragam permainan, praktik membina, malam api unggun, kemudian ditutup dengan pengukuhan pembina mahir ditandai dengan pengucapan janji satya dan pemasangan selendang mahir.

foto bersama peserta kml kalteng
Foto Bersama Peserta KML Pramuka Kalimantan Tengah (Foto: Kak Hendi)

Kak Yulistsra juga berharap para pembina dapat berperan dalam membentuk karakter peserta didik yang siap untuk menghadapai perubahan jaman saat ini. Selain itu, menjadikan pramuka sebagai salah satu sarana untuk lebih mempererat jiwa nasionalisme.

you're currently offline