delivering goodnews
#SetiapPramukaAdalahPewarta

Berjalan Tanpa Alas Kaki antara Banyak Manfaat Tapi Berisiko Juga

Tren dan teknologi alas kaki ternyata sejalan dengan kesadaran tentang manfaat berjalan tanpa alas kaki. Nenek moyang kita dulu tidak mengenal alas kaki dan melakukannya setiap saat. Seiring majunya teknologi alas kaki yang beragam, beraktivitas tanpa alas kaki makin diminati dalam berbagai kesempatan.

Tentu ada pro dan kontra akan hal ini, ada yang berkata bahwa manfaat dari kegiatan ini lebih banyak dibandingkan kerugiannya, tetapi ada juga yang berkata sebaliknya.

Manfaat berjalan tanpa alas kaki

Sebagian besar artikel mengulas manfaat berjalan tanpa alas kaki dan dampaknya terhadap kesehatan. Untuk mengetahui kebenarannya, mari kita lihat baik dan buruk berjalan tanpa alas kaki berikut ini.

Terapi sehat, refleksologi gratis

Di Cina terdapat banyak refleksologi jalan setapak. Jalan tersebut dipenuhi dengan batu-batu halus bagi orang yang berjalan telanjang kaki. Lallous’ Lab mengklaim bahwa berjalan di permukaan yang tidak rata dapat merangsang berbagai telapak kaki, sehingga hal itu dapat bertindak sebagai sesi pijat gratis.

Meningkatkan kebugaran secara keseluruhan

Studi yang sama menemukan bahwa manfaat berjalan tanpa alas kaki. Orang tua yang berjalan di atas batu dapat mengurangi tekanan darah, meningkatkan keseimbangan, dan meningkatkan kebugaran lebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan orang tua yang hanya berjalan biasa.

Meningkatkan sirkulasi darah

RunBare menyatakan bahwa dengan berjalan telanjang kaki, Anda akan menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai untuk membantu menyeimbangkan tubuh dan mengirim pesan ke otak Anda. Menggunakan otot tambahan, sama halnya dengan olahraga. Sirkulasi darah untuk kaki akan meningkat sebagai salah satu manfaat berjalan tanpa alas kaki.

Mengurangi peradangan

RunBare juga menyatakan bahwa radikal bebas yang bertanggung jawab untuk peradangan dapat berkurang dengan proses grounding. Proses tersebut hanya dilakukan dengan berjalan telanjang kaki dan memungkinkan tubuh Anda, yang membawa ion positif dalam radikal bebas, menyentuh tanah yang memiliki ion negatif baik untuk tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Berjalan dengan menyentuh tanah secara langsung dapat membuat ion negatif masuk ke dalam tubuh. Ion negatif dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, berjalan yanpa alas kaki juga dapat menyeimbangkan ritme sirkadian untuk memberikan kesadaran yang baik ketika terjaga. Jadi, berjalan telanjang kaki dapat membuat tubuh bekerja sebagai pengingat waktu tidur dan bangun yang alami.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa grounding dapat mengurangi pembekuan dan pengentalan darah dalam sel darah merah yang merupakan faktor utama dalam penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Menurut Medical Daily, berjalan tanpa alas kaki dapat memaksa tubuh untuk melatih dan memperkuat otot-otot kecil di kaki. Otak belajar untuk memperhatikan sinyal yang dikirim dari kaki, sehingga meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh. The Foundation for Health in Aging mengatakan bahwa studi mengenai berjalan di atas batu dapat membantu para orang tua meningkatkan keseimbangan dan kekuatan mereka.

Sebagian dokter menghawatirkan

Banyak podiatris percaya bahwa masalah nomor satu mengenai berjalan tanpa sepatu adalah kurangnya dukungan untuk kaki, dan itu akan menimbulkan berbagai masalah pada kaki. Dokter mengkhawatirkan kemungkinan masuknya bakteri, infeksi jamur, dan virus akibat bertelanjang kaki. Kemungkinan adanya kutil plantar dan infeksi virus lebih sering ditemukan pada permukaan yang kotor.

Kekhawatiran lain, kemungkinan menginjak pecahan kaca atau paku yang dapat menyebabkan infeksi tetanus. Kemungkinan terkena cacing tambang juga dapat terjadi ketika kaki memiliki kontak langsung dengan kotoran hewan. Jadi, boleh saja beraktivitas tanpa alas kaki namun tetap jaga kebersihan dan kesehatan.

you're currently offline