Bersepeda sehat itu menyenangkan. Begitulah pengakuan dari penggiat olahraga sepeda. Selain sehat dan menyenangkan, manfaat bersepeda untuk membentuk tubuh bisa ditargetkan. Sobat Pramuka pun tidak mau ketinggalan, kan..

Para pramuka putri ingin langsing dengan sehatnya bersepeda. Remaja putra pun ingin tubuhnya sixpack tidak mau kalah dengan kakak pembinanya.

Membentuk tubuh dengan bersepeda

Tahukah Kamu cara membentuk badan bisa dilakukan dengan bersepeda? Jalanan macet, lokasi kantor atau sekolah juga tidak begitu jauh. Ada baiknya Kamu menggunakan sepeda sebagai alternatif kendaraan Kamu.

Bersepeda sehat membakar kalori dan menyehatkan sendi-sendi

Melansir dari womenshealthmag.com, bersepeda merupakan kegiatan latihan kardio yang dapat Kamu lakukan untuk membakar kalori Kamu. Bersepeda juga dapat menghilangkan stres karena pekerjaan ataupun apapun.

Sendi-sendi yang terus tergerak saat bersepeda juga dapat membuat sendi Kamu menjadi lebih sehat. Sering kali masalah persendian muncul karena persendian jarang untuk digerakan.

Baca  Tips Jitu Membiasakan Anggota Pramuka Shalat Berjamaah di Perkemahan

Bersepeda dapat membakar kalori dengan cepat. Jika Kamu mengayuh dengan kecepatan rendah secara konstan, maka (contohnya) pada seorang yang memiliki berat 75 kg dapat membakar kalori sebanyak 473 kalori dalam 1 jam.

Membentuk badan dengan sepeda sangat efektif. Bagian tubuh yang aktif adalah tubuh bagian bawah terutama kaki. Otot-otot kaki yang terus bergerak membuat kaki, paha dan pinggul menjadi terbentuk.

Aktivitas sehat dengan sepeda gunung untuk sixpack

Membuat sixpack dengan bersepeda juga diteliti di Sport Research Center di Castellanza, Italia. Studinya membeberkan bahwa ketika melakukan aktivitas bersepeda gunung, lebih dari 80 persen tenaga akan dikeluarkan untuk melawan gravitasi dengan bersepeda. Hasilnya ini baik untuk Anda yang ingin menghilangkan lemak.

Baca  Tidak hanya Hepi, Bersepeda Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Penelitian yang dilakukan Strength and Conditioning Journal juga mengungkap bahwa pelatihan dengan intensitas tinggi adalah strategi yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular untuk mengurangi kadar lemak tubuh.

Selain itu, Sixpack bisa dibentuk juga dengan menghindari asupan karbohidrat dalam minuman saat bersepeda. Di mana, menurut hasil penelitian yang dilakukan Universitas of Texas dan dipubliksikan oleh spesialis sepda Radial Siklus mengungkapkan, dengan menghindari karbohidrat sebelum dan selama pelatihan (bersepeda) akan memingkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Sehingga, hanya dengan latihan bersepeda baik dengan menaiki bukit, berlatih dengan sepeda gunung, dan mengubah kecepatan bersepeda, Anda bisa memiliki otot perut. Meneyenangkan kan?!

Selain hemat, bersepeda membantu kurangi polusi

Kamu, bersepeda juga dapat menghemat. Kamu yang biasanya menggunakan mobil atau motor sebagai kendaraan. Coba periksa ulang, berapa pengeluaran untuk bahan bakar yang terpakai kendaraan bermotor Kamu? Cukup banyak kan?

Baca  Biasakan Sejak Dini, Inilah Tips Mengatur Uang Saku Untuk Pelajar

Selain itu, dengan bersepeda Kamu juga membantu lingkungan dalam mengurangi pengeluaran zat CO2 yang biasa dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Dengan mengurangi pengeluaran zat CO2 lingkungan menjadi lebih sehat.