Tips Pramuka

Bangun Tidur Langsung Minum, Ada 12 Manfaat Minum Air setelah Bangun Tidur

minum air saat bangun tidur, manfaat minum air

Minumlah air 30 menit sebelum makan. Apabila Anda tidak bisa minum sebanyak 640ml saat perut kosong, Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang dibutuhkan.

Biasakan minum air setelah bangun tidur. Cara ini merupakan gaya hidup sehat yang telah terbukti mengatasi kelainan fungsi tubuh. Selain itu kita akan mendapat kesegaran sepanjang hari setelah menerapkan kebiasaan minum air di pagi hari ini.

Minumlah sebanyak 640ml atau sekitar 4 gelas air setelah bangun tidur, sebelum sikat gigi dan kondisi perut dalam keadaan kosong. Hindari makan apapun selama 45 menit setelahnya. Anda akan merasakan 12 manfaat minum air setelah bangun tidur.
Manfaat #1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air yang mudah diserap tubuh membantu mengoptimalkan sistem imun melawan berbagai macam penyakit. Peredaran darah menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Tubuh akan terasa vit sepanjang hari, otak menjadi lebih fresh dan daya ingat pun meningkat tajam.

Manfaat #2. Membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi)

Malam hari adalah waktu dimana tubuh kita sedang mengalami perbaikan diri dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Saat kita bangun di pagi hari dan perut masih dalam keadaan kosong, dengan meminum air langsung maka tubuh akan segera membersihkan racun berbahaya ini. Minum banyak air ternyata juga membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Manfaat #3. Mencegah berat badan naik

Minum air di pagi hari saat perut masih kosong, akan membantu melepaskan semua racun dan memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu semakin banyak minum air, maka akan semakin berkurang pula keinginan kita untuk selalu makan cemilan berlemak dan tidak sehat. Kita akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat untuk makan bisa berkurang. Sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

  Selain Harga, Inilah Perbedaan Air Mineral dengan Air Putih Biasa

Manfaat #4. Menyehatkan ginjal

Kebutuhan asupan air jika tercukupi bisa membantu meringankan kerja ginjal sekaligus menjaga kesehatannya. Terlebih jika kita rutin minum air putih dipagi hari, kinerja organ ginjal menjadi lebih optimal.

Manfaat #5. Memperlancar buang air besar

Resiko sembelit akan berkurang apabila kita rajin minum air putih di pagi hari. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih setelah bangun tidur untuk memperlancar buang air besar.

Manfaat #6. Memperbaiki sistem pencernaan

Minum minimal satu gelas air putih ketika perut benar-benar kosong setelah tidur di malam hari membantu memperbaiki sistem pencernaan. Kinerja sistem pencernaan meningkat hingga 24%, dan dalam waktu 2 jam ke depan sistem pencernaan akan menyerap banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Manfaat #7. Meredakan sakit kepala

Sakit kepala sering terjadi ketika kita bangun dari tidur, hal ini disebabkan peredaran darah belum sepenuhnya stabil. Untuk itu sangat dianjurkan segera minum air putih saat bangun tidur.

Manfaat #8. Meningkatkan sirkulasi darah

  Minum Air yang Cukup, Apa Bahaya Jika Tubuh Kita Kekurangan Cairan?

Sistem peredaran darah bisa terganggu akibat dari endapan racun dan lemak yang berkumpul di dalam sistem saraf. Kita bisa membersihkan endapan tidak berguna tersebut dengan minum air putih saat perut dalam keadaan kosong. Sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga organ tubuh bisa bekerja secara optimal. Jika organ tubuh sudah bekerja optimal, tentu saja tubuh kita akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Sangat dianjurkan mengkonsumsi air selagi masih hangat saat perut benar-benar dalam keadaan kosong.

Manfaat #9. Penyeimbang sistem getah bening

Minum air putih selagi perut masih kosong bisa membantu menyeimbangkan sistem getah bening sehingga bisa bekerja dengan optimal. Dengan sistem getah bening yang bekerja optimal maka tubuh akan memiliki kekuatan maksimal untuk melawan infeksi yang bisa memperburuk kesehatan tubuh.

Manfaat #10. Penyeimbang sistem Limpa

Minum air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Awali hari anda dengan menghidrasi tubuh, sehingga bisa memaksimalkan fungsi tubuh seharian penuh dan mencegah infeksi.

Manfaat #11. Mencerahkan kulit

Pernahkah Anda memperhatikan perempuan jepang yang kebanyakan dari mereka memiliki tubuh ramping, kulit sehat dan kencang dibanding perempuan di negara lain. Diduga hal tersebut terkait dengan kebiasaan dan gaya hidup yang mereka jalani. Salah satunya adalah kebiasaan minum air putih saat bangun tidur.

  4 Manfaat Banyak Minum Air Putih di Malam Hari dan Saat Sebelum Tidur

Manfaat #12. Rambut tampak berkilau

Minum banyak air membantu memperlancar asupan nutrisi pada rambut dari luar maupun dari dalam. Rambut juga terbentuk dari hampir seperempat dari beratnya. Maka dari itu jika asupan air tidak mencukupi maka bisa menyebabkan rambut rapuh dan tipis untuk tiap helainya.

Rangkailah kebiasaan minum yang baik dan benar untuk kesehatan Anda. Minumlah air 30 menit sebelum makan. Apabila Anda tidak bisa minum sebanyak 640ml saat perut kosong, Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang dibutuhkan.

Tidak perlu memaksakan diri, Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air hingga mencapai tingkat yang di inginkan (640ml).

Media Komunitas Pramuka Indonesia

Jl. Taman Pramuka No. 47 Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40114

email: media@scout.id

QR Code Scout.ID

Copyright © 2017, Scout.ID.

To Top